Kamis 27 Apr 2023 13:11 WIB

Berlaku Mulai Hari Ini, Satu Akun Whatsapp Bisa Digunakan di Banyak Ponsel

Fitur baru memungkinkan satu akun WhatsApp digunakan di empat ponsel pintar berbeda.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Aplikasi berpesan WhatsApp baru saja mengumumkan hadirnya sebuah fitur baru yang revolusioner. Fitur baru ini memungkinkan satu akun WhatsApp digunakan di empat ponsel pintar berbeda.
Foto: Unsplash
Aplikasi berpesan WhatsApp baru saja mengumumkan hadirnya sebuah fitur baru yang revolusioner. Fitur baru ini memungkinkan satu akun WhatsApp digunakan di empat ponsel pintar berbeda.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Aplikasi berpesan WhatsApp baru saja mengumumkan hadirnya sebuah fitur baru yang revolusioner. Fitur baru ini memungkinkan satu akun WhatsApp digunakan di empat ponsel pintar berbeda.

Kehadiran fitur baru ini diprediksi akan mendapatkan sambutan yang baik dari para pengguna. Alasannya, fitur seperti ini telah lama dinantikan oleh banyak pengguna WhatsApp.

Baca Juga

Seperti dilansir GizChina, fitur baru ini sempat terlihat beberapa pekan lalu pada versi betanya di Android. Namun kini, WhatsApp mengonfirmasi bahwa fitur tersebut akan diterapkan secara global mulai hari ini. Akan tetapi, dibutuhkan waktu beberapa pekan sampai semua pengguna bisa mengakses fitur baru ini.

Cara mengakses fitur baru ini hampir sama dengan cara mengakses WhatsApp Web. Yang perlu dilakukan oleh pengguna hanyalah menghubungkan ponsel utama dengan ponsel, tablet, atau komputer lain. Tiap gawai akan terhubung secara independen dengan akun WhatsApp yang bersangkutan, dan selalu disertai dengan enkripsi end-to-end pada semua pesan, media, dan telepon pribadi.

Namun, perlu diketahui bahwa pengguna tak bisa membuka dua akun WhatsApp berbeda dalam satu ponsel. Selain itu, bila akun WhatsApp tak digunakan dalam kurun waktu tertentu, koneksi akun tersebut akan secara otomatis terputus dari gawai-gawai sekunder.

Akan tetapi, syncing akan selalu menampilkan pesan-pesan terkini pada semua gawai yang terhubung. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengakses satu akun dari berbagai gawai tanpa memutus koneksi akun tersebut pada gawai yang lain. Jumlah maksimal gawai yang dapat terhubung pada satu akun adalah empat gawai.

Selain meluncurkan fitur baru ini, WhatsApp juga akan mengubah cara akun utama bisa terhubung dengan gawai-gawai sekunder. Perubahan ini dilakukan agar akun WhatsApp utama bisa terhubung dengan cepat dengan gawai-gawai tersebut.

Sebagai perbandingan, sebelumnya pengguna harus memindai kode QR sebelum bisa mengakses WhatsApp Web. Kini, pengguna bisa mengakses satu akun dari berbagai gawai hanya dengan memasukkan nomor telepon mereka. Setelahnya, pengguna akan mendapatkan kode OTP untuk masuk ke dalam akun WhatsApp mereka dari gawai yang berbeda.

Pada tahap awal, fitur baru ini hanya akan tersedia untuk layanan WhatsApp Web. Namun berikutnya, fitur ini akan berlaku di semua aplikasi WhatsApp pada gawai.

Perilisan fitur baru ini merupakan sebuah terobosan baru bagi WhatsApp. Kehadiran fitur baru ini diprediksi akan memperbaiki pengalaman pengguna dalam menggunakan WhatsApp. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement