Rabu 03 May 2023 14:25 WIB

Trik Mengosongkan Ruang Penyimpanan di Ponsel Android

Kehabisan ruang penyimpanan merupakan masalah yang sering dialami pengguna ponsel.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Natalia Endah Hapsari
Bergabung di banyak grup WhatsApp bisa membuat pengguna mengunduh berbagai berkas yang dibagikan keluarga atau kolega. Itu menjadi salah satu alasan perangkat cepat kehabisan tempat penyimpanan/ilustrasi.
Foto: Unsplash
Bergabung di banyak grup WhatsApp bisa membuat pengguna mengunduh berbagai berkas yang dibagikan keluarga atau kolega. Itu menjadi salah satu alasan perangkat cepat kehabisan tempat penyimpanan/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kehabisan ruang penyimpanan merupakan masalah yang cukup sering dialami pengguna ponsel Android. Berikut trik mengosongkan ruang penyimpanan di ponsel Android tanpa harus mencopot pemasangan aplikasi, dikutip dari laman Indian Express, Rabu (3/5/2023).

- Kosongkan lewat aplikasi "My Files"

Baca Juga

Mengosongkan ruang penyimpanan lewat aplikasi "My Files" dari Google adalah salah satu cara tercepat. Beberapa perangkat dilengkapi dengan aplikasi "My Files" yang sudah terpasang di perangkat, sementara sebagian lain perlu mengunduh dari Google Play Store.

Pada aplikasi, ada berbagai cara untuk mengosongkan ruang penyimpanan seperti menghapus berkas duplikat, menghapus berkas sampah, menghapus tangkapan layar lama, atau file berukuran besar. Ada juga berbagai cara untuk menyortir file dengan mudah.

 

- Cadangkan foto ke "Cloud"

Untuk orang yang gemar mengambil banyak foto dan video, itu bisa menjadi penyebab ponsel lekas kehabisan ruang penyimpanan. Apabila ponsel tidak dilengkapi dengan slot kartu microSD, "Google Photos" bisa dimanfaatkan, dengan penyimpanan gratis hingga 15GB.

Untuk mengosongkan ruang, buka "Google Photos" dan klik foto profil di kanan atas layar. Terdapat opsi yang bertuliskan 'Kosongkan ruang'. Ketuk dan aplikasi akan menghapus foto kamera dari perangkat yang sudah dicadangkan ke "Cloud" secara otomatis.

 

- Bersihkan media WhatsApp

Bergabung di banyak grup WhatsApp bisa membuat pengguna mengunduh berbagai berkas yang dibagikan keluarga atau kolega. Itu menjadi salah satu alasan perangkat cepat kehabisan ruang, karena ada banyak unduhan media seperti foto, video, dokumen, atau lainnya.

Untuk membersihkan ruang yang ditempati media WhatsApp, buka aplikasi WhatsApp dan ketuk menu tiga titik di kanan atas. Temukan bagian penyimpanan, arahkan ke sub-menu data dan klik kelola penyimpanan. Akan terlihat file mana yang menghabiskan ruang dan pengguna bisa menghapusnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement