Kamis 20 Apr 2023 15:43 WIB

Semakin Dinanti, Ini Bocoran Lengkap Gawai Terbaru Google di 2023

Google diprediksi akan memperkenalkan seri gawai Pixel dengan beragam varian.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Google diprediksi akan memperkenalkan seri gawai Pixel dengan beragam varian sepanjang 2023/ilustrasi
Foto: EPA-EFE/ROMAN PILIPEY
Google diprediksi akan memperkenalkan seri gawai Pixel dengan beragam varian sepanjang 2023/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Google diprediksi akan memperkenalkan seri gawai Pixel dengan beragam varian produk sepanjang 2023. Beberapa di antaranya adalah Pixel 7A, Pixel lipat, Pixel Tablet, serta Pixel 8 dan 8 Pro.

Sejauh ini, ada cukup banyak rumor dan bocoran yang beredar terkait beragam gawai terbaru yang akan dirilis oleh Google. Berikut ini adalah rangkuman beragam rumor dan bocoran tersebut, seperti dilansir The Verge.

Baca Juga

Pixel Fold akan Dipamerkan di Google I/O

Setelah melalui penundaan berulang kali, CNBC mengungkapkan bahwa ponsel lipat pertama Google, yaitu Pixel FOld, akan dirilis di perhelatan Google I/O. Ponsel ini disebut memiliki ukuran layar 5,8 inci dalam kondisi terlipat dan 7,6 inci dalam kondisi terbuka seperti tablet, serta dimotori oleh prosesor Tensor G2.

 

Harga Pixel 7A

Meski belum diumumkan, Pixel 7A diprediksi akan dibanderol dengan harga 499 dolar AS atau sekitar Rp 7,5 juta. Artinya, harga Pixel 7A 50 dolar AS atau sekitar Rp 750 ribu lebih mahal dibandingkan Pixel 6A yang rilis tahun lalu. Meski lonjakan harganya cukup besar, Pixel 7A diprediksi akan memiliki sejumlah perbaruan besar. Salah satunya  adalah perbaruan kamera utama, dari 12 MP pada Pixel 6A menjadi 64 MP pada Pixel 7A.

 

Pixel 7A Warna Biru

Pixel 7A dikabarkan akan hadir dengan varian warna baru, yaitu biru. Selain biru, ponsel ini juga akan memiliki varian warna hitam dan putih.

 

Sertifikasi FCC untuk Pixel Tablet

Menurut 9to5Google, ada sebuah gawai Google baru yang terangkum dalam basis data FCC. Gawai tersebut kemungkinan adalah Pixel Tablet yang akan dirilis oleh Google. Berdasarkan data tersebut, Pixel Tablet tampaknya dapat menunjang jaringan Wi-Fi, Bluetooth, dan ultra wideband, namun tidak menunjang koneksi seluler.

 

Prototipe Pixel 7A Muncul di eBay

Prototipe ponsel yang diduga Pixel 7A muncul dalam pelelangan daring di eBay. Menurut penjual, prototipe ini tidak berfungsi secara penuh dan hanya bisa loading hingga tampilan layar fastboot. Pelelangan ini berhasil menembus angka penawaran 2.550 dolar AS atau sekitar Rp 38,2 juta sebelum pelelangan tersebut dibatalkan.

 

Render Pixel 8

Belum lama ini, render yang diduga Pixel 8 bocor di internet. Dari luar, Pixel 8 terlihat tak jauh berbeda dari Pixel 7. Akan tetapi, bagian perangkat lunaknya mungkin akan memiliki perbedaan yang signifikan. Terlebih, rumor mengungkapkan bahwa Pixel 8 akan memiliki prosesor Tensor G3.

 

Desain Kamera Pixel 8 Pro

Render Pixel 8 Pro menampilkan desain kamera yang tampak berbeda dari ponsel Pixel lain. Tiga kamera yang dimiliki ponsel ini tampak tersusun secara horizontal di dalam cutout oval yang besar.

 

Pixel Fold Hadir di Juni

Google Pixel Fold dikabarkan akan dirilis pada pekan kedua Juni 2023. Menurut Roland Quandt, ponsel ini akan hadir dengan ruang penyimpanan 256GB dan hadir dengan warna hitam atau abu tua serta putih.

 

Rencana Ponsel Google

Rencana Google untuk deretan ponsel Pixel dalam periode 2023-2025 diduga telah bocor. Menurut Android Authority, Google berencana untuk mengubah jadwal perilisan seri ponsel yang lebih terjangkau, yaitu seri A, menjadi sekali dalam dua tahun. Ada pula rencana desain Pro Pixel untuk konsumen yang tak menyukai layar besar.

 

Pixel Fold dan Spesifikasinya

Menurut OnLeaks dan HowToiSolve, ponsel lipat ini akan berfungsi seperti Samsung Galaxy Z Fold 4 karena memiliki cover skin. Dalam kondisi terlipat, Pixel Fold memiliki dimensi sekitar 158,7x139,7x5,7 mm. Ukuran ini sedikit lebih besar dibandingkan Samsung Galaxy Z Fold 4 yang memiliki dimensi 155,1x130,1x6,3 mm.

 

Wireless Charging Dock

Selain Pixel Tablet, Google juga sedang mengembangkan magnetic wireless charging speaker dock. Perangkat ini bisa digunakan untuk mengubah Pixel Tablet menjadi smart display di rumah. Ketika ditempelkan pada wireless charging dock, Pixel Tablet akan terlihat seperti Nest Hub Max dan dapat merespons Google Assistant. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement