Rabu 19 Apr 2023 18:05 WIB

Trik Rahasia, Cara Baca Pesan WhatsApp yang Dihapus Pengirim

Pengguna tetap dapat membaca pesan WhatsApp yang dihapus.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Natalia Endah Hapsari
WhatsApp memperkenalkan fitur Delete for Everyone, yang memungkinkan pengguna menghapus pesan dalam waktu dua hari setelah mengirimnya./ilustrasi
Foto: Unsplash
WhatsApp memperkenalkan fitur Delete for Everyone, yang memungkinkan pengguna menghapus pesan dalam waktu dua hari setelah mengirimnya./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Pada 2017, WhatsApp memperkenalkan fitur Delete for Everyone, yang memungkinkan pengguna menghapus pesan dalam waktu dua hari setelah mengirimnya. Meskipun fitur ini dapat membantu dalam beberapa situasi, tetapi juga dapat membuat Anda merasa penasaran dan frustrasi saat menerima pesan yang telah dihapus pengirim.

Berbeda dengan WhatsApp, platform media sosial lainnya seperti Instagram telah mengimplementasikan fitur Delete Message dengan cara yang lebih halus. Di Instagram, penerima tidak pernah diberi tahu tentang pesan yang dihapus, memungkinkan pengirim menghindari penjelasan yang canggung. 

Baca Juga

Fitur ini dimaksudkan untuk membiarkan orang menyembunyikan kesalahan mereka dan mengirim ulang versi pesan yang telah diperbaiki, tanpa menarik perhatian pada kesalahan mereka. Namun, fitur hapus pesan WhatsApp seringkali membuat penggunanya merasa penasaran dan frustasi.

Jika Anda penasaran dengan fitur Delete for Everyone di WhatsApp? Ada solusinya. Berikut adalah daftar berbagai cara di mana Anda dapat membaca pesan WhatsApp yang dihapus.

 

1. Gunakan cadangan WhatsApp yang disimpan untuk membaca pesan yang dihapus.

Cara lain untuk memulihkan pesan WhatsApp yang dihapus adalah dengan mencadangkan data secara teratur dan memulihkan pesan dari cadangan sebelumnya. Untuk melakukannya, buka WhatsApp Settings > Chats > Chat Backup, dan cari cadangan sebelumnya yang berisi pesan yang dihapus. Namun, metode ini bisa merepotkan karena harus menghapus aplikasi dan masuk lagi untuk menjalankan pencadangan.

 

 

2. Cara membaca Pesan WhatsApp yang dihapus di Android.

Opsi lain yang lebih aman dan bebas repot tersedia untuk pengguna Android, dengan Android 11. Anda dapat membaca pesan WhatsApp yang dihapus dengan memeriksa riwayat notifikasi. Begini caranya:

 

- Buka Settings perangkat Anda.

- Gulir dan ketuk Apps & Notifications.

- Pilih Notifications.

- Ketuk Notification History.

- Alihkan tombol di sebelah Use Notification History untuk menyalakannya.

- Setelah riwayat notifikasi dihidupkan, Anda akan dapat melihat notifikasi pesan WhatsApp meskipun telah dihapus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement