Selasa 21 Mar 2023 15:42 WIB

5 Software Antivirus Terbaik 2023

Antivirus menjadi sangat penting untuk memberi perlindungan pengguna.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Antivirus terbaik dibutuhkan tidak hanya melindungi dari virus tetapi juga aktivitas daring dari ancaman berbahaya lainnya. (Ilustrasi)
Foto: websoftwareqa.com
Antivirus terbaik dibutuhkan tidak hanya melindungi dari virus tetapi juga aktivitas daring dari ancaman berbahaya lainnya. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Penggunaan perangkat lunak (sofware) antivirus seakan tak dapat dipisahkan dari aktivitas digital. Antivirus menjadi sangat penting untuk memberi perlindungan pengguna perangkat digital dari berbagai bahaya daring.

Ada banyak jenis perangkat lunak berbahaya, seperti ransomware, rootkit, bot, phishing, keyloggers, spyware, adware, dan pencurian identitas. Karena itulah, dibutuhkan antivirus terbaik agar tak hanya melindungi dari virus tetapi juga aktivitas daring dari ancaman berbahaya lainnya.

Baca Juga

Memilih antivirus yang tepar bisa menjadi tantangan karena banyaknya pilihan yang tersedia di pasaran. memilih yang tepat bisa menjadi tantangan. Namun, sedikitnya ada lima antivirus yang bisa dijadikan andalan, berdasar penelitian dan pengujian menyeluruh, seperti dikutip dari GizChina, Selasa (21/3/2023).

 

1.Bitdefender Total Security

Bitdefender Total Security menjadi antivirus yang sangat efektif mencegah ancaman malware. Antivirus ini tidak hanya menghentikan pengunduhan ancaman, tetapi juga menghapusnya dengan segera, tanpa meninggalkan sisa yang bisa membahayakan komputer. Perangkat lunak ini juga mengidentifikasi, memblokir ransomware dan situs web yang tidak aman melalui teknologi penjelajahannya. Selain itu, menyediakan fitur keamanan yang kuat dan pemantauan real time untuk semua aktivitas daring pengguna.

 

2. McAfee+ Premium

McAfee adalah perangkat lunak perlindungan antivirus yang sangat direkomendasikan untuk perangkat seluler atau ponsel cerdas. Fitur pengenalan ancaman waktu nyata secara efektif menghentikan ancaman sebelum diunduh sepenuhnya. Perangkat lunak ini ramah pengguna, dan pengaturan default memberikan perlindungan yang memadai. Selain itu, McAfee menyediakan pengelola kata sandi, firewall aman, dan akses tak terbatas ke layanan VPN-nya, yang menyembunyikan identitas daring dan aktivitas penelusuran.

 

3. Avast Free Antivirus

Salah satu fitur menonjol dari Avast Free adalah firewall yang sangat berguna saat menghubungkan laptop ke jaringan publik atau hotspot. Namun, karena Avast Free adalah program gratis, ini tidak dilengkapi dengan fitur keamanan tingkat lanjut. Seperti pemantauan webcam atau manajemen kata sandi. Untuk mengakses fitur tersebut, pengguna dapat memilih mengupgrade ke perangkat lunak Avast berbayar.

 

4. Malwarebytes Free Antivirus

Malwarebytes Free punya kemampuan menghapus malware yang kuat bahkan dapat menghilangkan ancaman paling licik sekalipun. Tidak seperti kebanyakan perangkat lunak antivirus yang sulit menangani infeksi, Malwarebytes Free dapat mem-bypass malware yang memblokir file antivirus untuk mengunduh atau mengakses situs web.

 

5. Norton 360 dengan LifeLock Select

Norton 360 menawarkan perlindungan keamanan dan privasi yang komprehensif, mengatasi ancaman pencurian identitas dan ransomware. Paket ini mencakup layanan perlindungan pencurian identitas LifeLock berperingkat teratas. Teknologi antivirus Norton 360 menghentikan malware secara real time, dan firewallnya mencegah ancaman mengakses komputer Anda melalui koneksi jaringan. Perangkat lunak ini juga menyediakan pemantauan webcam dan kontrol orang tua.

Kendati Microsoft Defender memberikan tingkat perlindungan yang layak, namun ada baiknya menambahkan lapisan keamanan ekstra dengan perangkat lunak antivirus. Dengan banyaknya pilihan yang tersedia di pasar, sangat penting untuk memilih solusi antivirus yang paling sesuai dengan kebutuhan. Solusi perangkat lunak antivirus yang sudah disusun tadi adalah beberapa yang terbaik di pasaran dan sangat efektif dalam melindungi aktivitas daring Anda. Pilih dengan bijak dan tetap terlindungi!. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement