Rabu 06 Sep 2023 21:10 WIB

Antivirus Itu Penting, Begini Cara Lindungi Keamanan Ponsel

Tidak perlu mengeluarkan biaya untuk antivirus seluler, cukup memilih yang terbaik.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Program antivirus seluler pihak ketiga yang terpercaya, sering kali dapat membantu menjaga keamanan ponsel sekaligus mendeteksi ancaman phishing. /ilustrasi
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Program antivirus seluler pihak ketiga yang terpercaya, sering kali dapat membantu menjaga keamanan ponsel sekaligus mendeteksi ancaman phishing. /ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Program antivirus seluler pihak ketiga yang terpercaya, sering kali dapat membantu menjaga keamanan ponsel sekaligus mendeteksi ancaman phishing. Pengguna ponsel juga biasanya tidak perlu mengeluarkan biaya untuk antivirus seluler. Ini lantaran ada beberapa antivirus gratis yang dianggap bagus seperti Sophos Intercept X for Mobile, Avast Mobile Security for Android dan AVG Free Antivirus for Android, seperti dilansir dari laman Which.co.uk, Senin (4/9/2023).

Apa yang dilakukan antivirus seluler?

Baca Juga

Antivirus seluler yang bagus akan melindungi dari ancaman malware, sama seperti perangkat lunak antivirus terbaik untuk komputer. Ini juga akan menandai risiko phishing (baik tautan mencurigakan maupun situs web yang mencurigakan), dan langsung memblokirnya, atau memperingatkan tentang risiko tersebut sebelum mengizinkan Anda melanjutkan.

Baik ponsel Android maupun iPhone Apple memiliki perlindungan bawaan, namun berdasarkan pengujian laboratorium ahli, antivirus tersebut tidak sekompeten antivirus seluler pihak ketiga dalam mengatasi ancaman. Untuk phishing, misalnya, data menunjukkan bahwa perlindungan bawaan terbaik masih tertinggal dibandingkan antivirus pihak ketiga yang kinerjanya paling buruk sekalipun.

Terkait malware, seperti virus, pengguna ponsel Android menghadapi lebih banyak ancaman dibandingkan pengguna Apple iPhone. Namun, dibandingkan dengan komputer, ponsel menghadapi ancaman yang jauh lebih sedikit. Namun bukan berarti hal ini tidak akan menjadi masalah yang lebih besar di masa depan.

Apakah Anda perlu membayar?

Antivirus seluler berbayar biasanya dilengkapi dengan fitur tambahan. Ini mencakup hal-hal seperti VPN atau fitur anti-pencurian.

Banyak dari fitur tambahan ini, meskipun bagus untuk dimiliki, tidak penting dan dapat diunduh secara terpisah dari antivirus seluler, dan seringkali gratis. Misalnya, lihat apa yang harus dilakukan jika ponsel Anda dicuri.

Perlindungan kualitas tidak hanya berlaku pada perangkat lunak berbayar. Perangkat lunak antivirus seluler dengan skor tertinggi kedua tahun ini, dan Best Buy, adalah antivirus seluler gratis. Anda tidak perlu membayar untuk mendapatkan perlindungan berkualitas.

Apakah antivirus seluler memengaruhi baterai ponsel?

Antivirus seluler tidak terlalu memengaruhi masa pakai baterai ponsel. Perangkat lunak paling membebani umumnya hanya menghabiskan kurang dari 4 persen baterai perangkat. Banyak yang tidak menghabiskan lebih dari 1 persen masa pakai baterai. Perangkat lunak yang digunakan adalah perangkat lunak berbayar yang dilengkapi dengan fitur tambahan, sehingga menghasilkan konsumsi daya yang lebih besar.

Tingkat konsumsi daya tahan baterai rata-rata dari semua antivirus seluler yang diuji hanya 1,8 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement