Senin 20 Mar 2023 11:24 WIB

Ini Dia Chatbot yang Diklaim Bisa Menyaingi ChatGPT

Chatbot ini bisa menjadi alternatif baru selain ChatGPT.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Natalia Endah Hapsari
Perusahaan rintisan Amerika, Anthropic baru-baru ini meluncurkan chatbot bernama Claude. Chatbot ini bisa menjadi alternatif baru selain ChatGPT. /ilustrasi
Foto: UNM
Perusahaan rintisan Amerika, Anthropic baru-baru ini meluncurkan chatbot bernama Claude. Chatbot ini bisa menjadi alternatif baru selain ChatGPT. /ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SAN FRANCISCO—Perusahaan rintisan Amerika, Anthropic baru-baru ini meluncurkan chatbot bernama Claude. Chatbot ini bisa menjadi alternatif baru selain ChatGPT. 

Dilansir dari Malay Mail, kecerdasan buatan ini dapat menonjol dari saingannya yang terkenal karena lebih etis dan interaktif dengan pengguna. Meskipun Claude memiliki antarmuka dan cara kerja yang mirip dengan ChatGPT, chatbot ini juga dimaksudkan agar lebih sederhana dan natural untuk digunakan.

Baca Juga

Claude belum memungkinkan untuk dicoba, tetapi Anthropic mengklaim sudah dapat melakukan penelitian dan memberikan ringkasan, menulis teks pada tema tertentu atau bahkan kode. Perusahaan rintisan juga menjanjikan robot percakapan yang jauh lebih banyak daripada ChatGPT.

Robot itu harus bisa lebih interaktif dengan pengguna dalam jawabannya, sambil berusaha untuk hanya menyampaikan data yang andal, yang semuanya didasarkan pada pendekatan yang benar-benar positif.

Selain itu, Claude akan tersedia dalam dua versi, yaitu Claude yang merupakan model tercanggih dan Claude Instant yang merupakan chatbot versi yang lebih ringan dan lebih murah.

Anthropic sudah bisa mengandalkan beberapa mitra, seperti mesin pencari DuckDuckGo dan situs tanya jawab Quora untuk menguji keahliannya. Perusahaan juga mendapat manfaat dari dukungan finansial yang signifikan dari Google.

Siapa pun yang berharap untuk mencoba Claude harus menunggu sedikit lebih lama. Tapi sudah mungkin untuk mendaftar ke daftar tunggu di https://www.anthropic.com/earlyaccess.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement