Senin 13 Mar 2023 11:29 WIB

Elon Musk Rencana Bangun Kota untuk Para Karyawan

Elon Musk akan membangun kota untuk para karyawan Tesla, Boring, dan SpaceX.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Natalia Endah Hapsari
Miliader Elon Musk dilaporkan akan membangun kota perusahaan tempat pekerja Tesla, Boring, dan SpaceX dapat tinggal. Kota yang berjarak sekitar 57 kilometer dari Austin, Texas, kemungkinan akan disebut Snailbrook.
Foto: AP Photo/Francois Mori
Miliader Elon Musk dilaporkan akan membangun kota perusahaan tempat pekerja Tesla, Boring, dan SpaceX dapat tinggal. Kota yang berjarak sekitar 57 kilometer dari Austin, Texas, kemungkinan akan disebut Snailbrook.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Miliader Elon Musk dilaporkan akan membangun kota perusahaan tempat pekerja Tesla, Boring, dan SpaceX dapat tinggal. Kota yang berjarak sekitar 57 kilometer dari Austin, Texas, kemungkinan akan disebut Snailbrook.

Menurut dokumen tentang rencana itu, Musk akan membangun 110 rumah di sebelah fasilitas Boring dan SpaceX di Bastrop County. Laporan tersebut menyatakan karyawan Boring diundang tahun lalu untuk melamar tempat tinggal dengan harga sewa diperkirakan mulai sekitar 800 dolar AS per bulan untuk rumah dengan dua atau tiga kamar tidur. Sewa rata-rata di dekat Bastrop adalah sekitar 2.200 dolar AS per bulan sehingga para pekerja akan membayar di bawah harga pasar.

Baca Juga

Namun, rencana ini membuat karyawan yang tinggal di kota akan lebih terikat dengan Musk. Selain menerima gaji dari bisnis Musk, mereka juga diminta untuk membayar sewa.

Para karyawan memiliki waktu 30 hari untuk meninggalkan rumah jika mereka dipecat dari Boring atau keluar dari perusahaan. Para eksekutif telah membahas untuk mengundang pekerja dari perusahaan Musk lainnya untuk melamar perumahan Snailbrook.

Rencana kota termasuk mengubah rumah menjadi sekolah Montessori hingga 15 siswa. Musk juga memungkinkan akan menetapkan aturan tertentu dan tampaknya perlu mengadakan pemiihan wali kota.

Entitas Musk telah mengambil setidaknya 3.500 hektare tanah di wilayah Austin selama beberapa tahun terakhir. Tahun lalu, Musk, desainer arsitekturnya, mantan pacar Grimes dan Ye (alias Kanye West) dilaporkan mendiskusikan ide untuk kota tersebut beberapa kali meskipun tidak ada yang diselesaikan dari pembicaraan tersebut.

Dilansir Engadget, Senin (13/3/2023), warga sekitar telah menyuarakan keprihatinan tentang dampak lingkungan dari proyek tersebut. Seperti yang dicatat Journal, Boring telah mengajukan permohonan untuk membuang hingga 140 ribu galon air limbah industri per hari ke Sungai Colorado. Kekhawatiran juga diungkapkan tentang bagaimana pengujian mesin tunneling Boring dapat memengaruhi air tanah dan sumur. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement