Ahad 05 Mar 2023 16:31 WIB

Ponsel Pintar dan PC Masa Depan Punya Layar yang Dapat Digulung?

Prototipe PC dan ponsel pintar dengan layar yang bisa berubah ukuran membuat heboh.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Natalia Endah Hapsari
Samsung Galaxy Z Fold4 terlihat di Mobile World Congress (MWC) yang diadakan di Fira Barcelona di Barcelona, Spanyol. Belakangan muncul rencana untuk membuat PC dan ponsel pintar dengan layar digulung/ilustrasi.
Foto: EPA-EFE/Enric Fontcuberta
Samsung Galaxy Z Fold4 terlihat di Mobile World Congress (MWC) yang diadakan di Fira Barcelona di Barcelona, Spanyol. Belakangan muncul rencana untuk membuat PC dan ponsel pintar dengan layar digulung/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID,  SAN FRANCISCO -- Banyak pabrikan telah membuat layar yang fleksibel atau bahkan dapat digulung selama bertahun-tahun. Hingga saat ini, konsep layar yang canggih baru dapat digunakan pada perangkat televisi. Berikutnya, prototipe PC dan ponsel pintar dengan layar yang bisa berubah ukuran juga membuat heboh.

Dilansir dari Malay Mail, Ahad (5/3/2023), beberapa tahun yang lalu, LG membuat kagum dengan presentasi TV raksasa dengan layar yang dapat digulung, yang sejak saat itu telah tersedia secara eceran-tentunya dengan harga yang tinggi. Teknologi ini bisa saja segera hadir di perangkat lain, dilihat dari konsep diungkap Lenovo di Mobile World Congress baru-baru ini, di Barcelona.

Baca Juga

Pabrikan Cina, penjual PC terbesar di dunia, memamerkan model laptop dengan layar 12,7 inci  yang bisa diskalakan hingga 15,3 inci. Yang lebih menarik adalah kemungkinannya untuk beralih dari format lanskap ke format potret.

Saat dibuka sepenuhnya, model ini setara dengan dua layar yang ditempatkan bersamaan. Karena Lenovo adalah pemilik Motorola, mereka memilih merek ini untuk mendemonstrasikan konsep Rizr-nya, sebuah ponsel pintar yang dapat beralih dari ukuran lima inci ke format 6,5 inci. Dalam kedua kasus tersebut, peralihan dilakukan dengan menekan tombol yang terletak di tepi perangkat.

Dari segi kegunaannya, teknologi ini memungkinkan sebuah perangkat bertransformasi dari PC klasik menjadi tablet berukuran besar. Format ini juga dapat berguna saat berkonsultasi dengan situs web tertentu, untuk konferensi video, atau hanya untuk bekerja dengan beberapa secara bersamaan dengan visibilitas yang lebih baik.

Sejauh menyangkut ponsel pintar, layar jenis ini praktis untuk menonton video, karena dapat dengan mudah disesuaikan dengan format konten. Saat menulis email, layar yang lebih besar juga bisa membuat keyboard lebih terlihat, sehingga lebih mudah digunakan. Namun belum ada produk utama yang diumumkan dalam waktu dekat untuk kedua  konsep tersebut.

Tentu saja, sejauh berkaitan dengan ponsel pintar, ini bukan pertama kalinya model dengan teknologi seperti itu dihadirkan di acara besar. Pada 2021, LG membuat gebrakan besar di CES di Las Vegas bersama terminal dengan layar yang dapat digulung, tanpa tindak lanjut apa pun.

Baru-baru ini, pabrikan Korea Selatan yang sama bahkan meluncurkan layar beresolusi tinggi fleksibel dan dapat diperluas pertama di dunia. Ini yang berpotensi mengarah ke sejumlah perspektif baru. Di sisi lain, Mobile World Congress 2023 juga menjadi tuan rumah peluncuran kacamata augmented reality masa depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement