Selasa 21 Feb 2023 16:22 WIB

Begini Cara Mudah Menghemat Tagihan Listrik

Menghemat tagihan listrik bisa dilakukan dengan memilih colokan pintar yang tepat.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Natalia Endah Hapsari
Penggunaan colokan pintar dapat menjadi salah satu solusi untuk menghemat biaya listrik.
Foto: www.freepik.com.
Penggunaan colokan pintar dapat menjadi salah satu solusi untuk menghemat biaya listrik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Ternyata menghemat tagihan listrik bisa dilakukan dengan cara memilih smart plug atau colokan pintar dengan benar. Konektor atau colokan tambahan yang dikoneksikan pada steker peralatan elektronik itu dilengkapi dengan teknologi WiFi sehingga bisa diakses lewat ponsel berkat aplikasi pendukungnya.

Colokan pintar punya banyak manfaat untuk menghadirkan kenyamanan. Beberapa fungsinya seperti mengamankan garasi, melakukan restart router dari jarak jauh, dan mencegah pemborosan energi. Berikut lima cara smart plug bisa menghemat uang untuk tagihan listrik, dikutip dari laman CNET, Selasa (21/2/2023).

Baca Juga

- Mencabut steker secara otomatis

Ada peralatan atau perangkat listrik yang dijuluki "vampir", yang artinya tetap mengonsumsi energi bahkan saat tombol dayanya dimatikan. Ketika steker yang tersambung dengan listrik, maka peranti tersebut bisa terus mengonsumsi energi.

Perangkat vampir bertanggung jawab atas sekitar 10 persen dari total konsumsi energi di rumah tangga. Mencabut steker perangkat vampir saat tidak digunakan adalah cara yang efektif untuk memerangi pemborosan, tetapi tugas tersebut tidak selalu nyaman dan dapat dengan mudah dilupakan.

Colokan pintar dapat menyelamatkan dari masalah itu. Setel pengatur waktu agar colokan pintar mati secara otomatis, atau matikan secara manual melalui aplikasi di ponsel. Saat dimatikan, colokan pintar memotong semua daya ke apa pun yang dicolokkan ke dalamnya. Jadi, mematikan colokan pintar pada dasarnya sama efektifnya dengan mencabut perangkat dari stop kontak.

 

- Mematikan lampu secara otomatis

Lupa mematikan lampu sebelum keluar rumah? Colokan pintar bisa melakukannya dari jarak jauh. Colokan pintar pun memungkinkan pengguna untuk memeriksa status hidup/mati pada perangkat dan mengaktifkannya secara virtual dari mana saja.

Tidak hanya lampu, menyalakan dan mematikan perangkat lain seperti kipas, pemanas, hingga kamera keamanan bisa diatur dari jarak jauh untuk mengurangi konsumsi energi. Itu berarti, tidak perlu cemas jika lupa mematikan perangkat saat meninggalkan rumah untuk bekerja atau liburan.

 

- Memantau konsumsi energi

Sebagian besar colokan pintar dan aplikasi yang menyertainya hadir dengan fitur pemantauan energi. Layanan khusus ini bakal membantu pengguna melacak berapa banyak listrik yang digunakan pada perangkat yang terhubung pada waktu tertentu, bahkan dalam hitungan detik.

Beberapa colokan pintar membuat konsumen lebih mudah untuk memantau dan mengendalikan konsumsi energi. Misalnya, ada colokan pintar yang menawarkan pengaturan untuk mematikan perangkat secara otomatis jika sudah mencapai tingkat penggunaan energi yang ditetapkan.

 

- Atur dan lupakan

Ada otomatisasi rumah pintar yang disebut IFTTT (if this then that) dengan fungsi mengontrol dan menggabungkan tindakan otomatis yang dilakukan perangkat pintar. Semuanya saling terhubung dan merespons terhadap perangkat lain.

Misalnya, jika termostat pintar mendeteksi kenaikan suhu, pengguna dapat menyetel steker pintar yang kompatibel untuk menyalakan dan mematikan kipas secara otomatis setelah suhu turun kembali dalam kisaran yang ditetapkan. Atau, pengguna dapat menyetel lampu agar mati secara otomatis saat aplikasi tertentu mendeteksi penghuni rumah telah meninggalkan ruangan.

Bahkan, jika tidak memanfaatkan sepenuhnya kemampuan IFTTT, colokan pintar dilengkapi dengan pengaturan untuk menjadwalkan perangkat untuk hidup dan mati pada waktu tertentu. Jadi, jika secara tidak sengaja membiarkan lampu atau TV menyala saat tertidur, colokan pintar dapat mematikannya apabila dijadwalkan.

 

- Pengaturan saat jam sibuk penyedia listrik

Permintaan dapat berdampak pada jumlah tagihan listrik yang dibayar, dan ini sering kali berada pada titik tertinggi pada waktu-waktu tertentu. Misalnya, jam sibuk di siang hari. Colokan pintar bisa disetel untuk mengatur konsumsi energi sekitar jam-jam ini untuk menghemat uang.

Memang tidak mungkin menghindari penggunaan beberapa peralatan atau perangkat selama jam-jam sibuk, tetapi ada beberapa yang bisa diatur. Misalnya, menjadwalkan pengisi daya baterai dan pengisi daya kendaraan listrik untuk aktif hanya di luar jam sibuk.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement