Rabu 15 Feb 2023 15:21 WIB

Berminat Beli iMac Versi Terbaru? Tunggu Setahun Lagi

Semua orang perlu menunggu satu tahun lagi untuk memiliki iMac versi terbaru.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Natalia Endah Hapsari
semua orang perlu menunggu satu tahun lagi untuk memiliki iMac versi terbaru/ilustrasi.
Foto: macworld
semua orang perlu menunggu satu tahun lagi untuk memiliki iMac versi terbaru/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA — Bagi mereka yang menyukai iMac 24 inci yang ramping dan tipis, serta dapat diletakkan dengan cantik di atas meja, mungkin perlu menunggu dulu. Seorang analis profesional, Mark Gurman, mengatakan bahwa semua orang perlu menunggu satu tahun lagi, mengenai info iMac versi terbaru.

Dalam buletin Sunday Bloomberg Power On, ia mengatakan bahwa Apple mengambil pendekatan yang santai dan mantap untuk memperbarui seri iMac-nya. Menurut laporan pada April 2022 lalu, Apple seharusnya sudah bekerja pada iMac bertenaga M2 di bulan-bulan ini.

Baca Juga

Namun saat itu, Gurman mengatakan chip M3 sudah dalam pengerjaan, dan juga mengatakan kepada pembaca untuk tidak mengharapkan apa pun hingga akhir 2023. Berita itu tampaknya menyiratkan bahwa Apple berencana untuk melewatkan seluruh generasi chip untuk iterasi berikutnya dari perangkat all-in-one jalur utamanya.

Apple belum merilis iMac versi terbaru sejak 2021, ketika dirilis dengan prosesor M1. Apple memang membutuhkan waktu lebih lama untuk mengumumkan iMac versi terbaru dibandingkan dengan teknologi utama lainnya.

Tapi perusahaan itu tetap bungkam pada setiap rilisan terbarunya, bahkan ketika Apple mengembangkan prosesor yang bertenaga baru.

Dengan dihentikannya iMac dan iMac pro 27 inci, perangkat 24 inci tetap menjadi perangkat desktop terakhir yang tersisa, bukan lah Mac Mini, Mac Studio, atau pun Mac Pro.

Saat dirilis, iMac 24 inci bertenaga M1 adalah mesin ringan berkualitas yang merupakan lini pertama yang dijalankan dengan chip milik Apple. Sementara itu, tenaga dasar M2 memberi daya pada perangkat seperti MacBook Air dan MacBook Pro, perangkat yang secara resmi hanya mendukung satu layar eksternal.

Gurman mengatakan kurangnya pembaruan ini sebagian dikarenakan biaya, dan dia belum melihat apa pun yang menunjukkan akan ada iMac baru sampai perusahaan akhirnya meluncurkan chip M3-nya, yang tidak diharapkan hadir sampai akhir tahun ini atau bahkan 2024. Namun, chip M3 diharapkan bisa lebih cukup berisi, dengan rumor 40 core CPU dan four dies dibandingkan dengan 10 core M1 dan M1 Max.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement