Selasa 14 Feb 2023 12:35 WIB

Kiat Sederhana untuk Mempercepat Laptop dengan Windows 11

Laptop dengan OS Windows tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Ada beberapa cara sederhana yang dapat digunakan untuk mempercepat laptop dengan Windows 11/ilustrasi.
Foto: Istimewa
Ada beberapa cara sederhana yang dapat digunakan untuk mempercepat laptop dengan Windows 11/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Laptop dengan OS Windows tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran. Namun, karena semua ini berjalan pada perangkat lunak yang sama, laptop level pemula mungkin tidak terasa semulus mesin kelas atas. Berikut adalah lima cara untuk mempercepat laptop Windows Anda

1· Atur mode daya ke performa terbaik (best performance)

Baca Juga

Jika Anda memiliki laptop yang cukup modern, pastikan mode daya disetel ke performa terbaik untuk mendapatkan hasil maksimal dari mesin tersebut. Jika Anda memiliki laptop dengan Windows 11, buka settings > system > power and battery > dan pilih best performance.

Perhatikan bahwa, Anda hanya dapat mengatur mode daya laptop saat terhubung ke pengisi daya di beberapa laptop. Mode daya performa terbaik akan memungkinkan CPU dan GPU berjalan pada kecepatan clock tertinggi dengan menawarkan power envelope yang cukup.

 

2· Instal pembaruan dan driver OS terbaru yang tersedia

Selalu instal pembaruan perangkat lunak yang tersedia untuk memastikan laptop bekerja dengan sempurna. Driver yang lebih baru di dalam laptop tidak hanya memperbaiki masalah, tetapi juga meningkatkan kinerja mesin secara keseluruhan terutama pada model yang lebih baru.

Caranya adalah buka settings > windows update > dan klik check for update. Pastikan semua driver terbaru diinstal pada mesin.

 

3· Aktifkan teknologi ReadyBoost

Dilansir dari Indian Express, Selasa (14/2/2023), jika Anda memiliki laptop dengan jumlah RAM terbatas, mengaktifkan teknologi ReadyBoost akan mengaktifkan RAM virtual menggunakan SD card atau pen drive. Tetapi, seseorang harus memiliki perangkat penyimpanan eksternal dengan setidaknya 500 MB penyimpanan gratis untuk mengaktifkan teknologi ReadyBoost ini.

Caranya adalah buka file manager, klik kanan pada perangkat penyimpanan eksternal > klik property > klik ReadyBoost dan pilih jumlah penyimpanan yang ingin Anda ubah menjadi memori virtual.

 

4· Lakukan pembersihan disk (disk cleanup)

Pembersihan disk adalah alat bawaan di OS Windows. Pemilik laptop bisa mencari disk cleanup dan pilih drive utama, yang biasanya adalah Local Disk (C:).

Pastikan untuk menghapus centang pada file program yang diunduh untuk menyimpan file yang disimpan di disk. Aplikasi ini akan menghapus cache dan akan membuat laptop Anda terasa lebih cepat setidaknya untuk sementara waktu.

 

5·Hapus aplikasi pihak ketiga

Beberapa laptop dilengkapi dengan aplikasi dan perangkat lunak pihak ketiga yang tidak hanya menggunakan penyimpanan perangkat tetapi juga akan menggunakan sumber daya komputasi.

Buka settings > apps > installed apps > dan delete the apps. Anda bisa menghapus aplikasi yang mungkin tidak Anda gunakan. Ini akan membebaskan penyimpanan internal dan dapat mempercepat laptop.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement