Selasa 14 Feb 2023 08:13 WIB

Jangan Salah Pilih AC, Pertimbangkan Faktor Ini Dulu

Ukuran harus selalu menjadi prioritas utama Anda saat memilih AC.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Natalia Endah Hapsari
Ada beberapa faktor utama yang harus pembeli pertimbangkan saat memilih unit pendingin ruangan (AC) hemat energi. Ukuran harus selalu menjadi prioritas utama Anda saat memilih pendingin ruangan/ilustrasi.
Foto: Indian Express
Ada beberapa faktor utama yang harus pembeli pertimbangkan saat memilih unit pendingin ruangan (AC) hemat energi. Ukuran harus selalu menjadi prioritas utama Anda saat memilih pendingin ruangan/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Ada beberapa faktor utama yang harus pembeli pertimbangkan saat memilih unit pendingin ruangan (AC) hemat energi. Ukuran harus selalu menjadi prioritas utama Anda saat memilih pendingin ruangan.

Contohnya, unit yang sangat besar dapat membuat ruangan sangat dingin, juga lembab dan basah. Sedangkan unit yang lebih kecil akan kesulitan mengisi ruangan Anda dengan udara sejuk dan nyaman.

Baca Juga

Kemudian, pengaturan suhu. Dilansir dari Luce, Selasa (14/2/2023), hampir setiap pendingin ruangan saat ini dilengkapi dengan pengaturan suhu yang dapat diprogram. Meski begitu penting untuk menjadikannya sebagai salah satu pertimbangan Anda sebelum membeli AC. Panel kontrol suhu yang tepat dapat membuat hidup Anda lebih mudah dengan membiarkan AC mendinginkan ruangan Anda secara intuitif dan manual.

Berikutnya adalah fitur hemat energi. Fitur ini memungkinkan unit menghemat daya dan energi. Fitur hemat energi dapat membantu meningkatkan kinerja pendingin ruangan secara keseluruhan dan juga menurunkan tagihan listrik.

Peringkat energy efficiency rating (EER) dan seasonal energy efficiency rating) merupakan bagian dari hal-hal yang harus dipertimbangkan oleh pembeli. Mereka secara khusus dibuat untuk mengukur efisiensi pendingin ruangan berdasarkan BTU atau British Thermal Unit. Pembeli harus ingat bahwa peringkat yang lebih tinggi berarti efisiensi yang lebih besar.

Selanjutnya adalah sertifikasi Energy Star berwarna biru. Unit yang memiliki tanda persetujuan ini berarti telah memenuhi atau bahkan melampaui standar efisiensi yang lebih tinggi dibandingkan model lainnya.

Terakhir, konektivitas Wi-Fi. Saat ini, banyak pendingin ruangan pintar dilengkapi dengan konektivitas Wi-Fi dan fitur integrasi rumah pintar lainnya seperti Alexa Amazon atau Google Home.

Setelah terhubung ke internet, unit ini dapat disesuaikan melalui termostat berkemampuan Wi-Fi di ponsel cerdas Anda. Fitur tersebut bisa menjadi cara terbaik untuk memaksimalkan dan menyesuaikan fitur hemat energi unit Anda sesuai keinginan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement