Selasa 14 Feb 2023 07:40 WIB

Ponsel Juga Ternyata Didukung Kecerdasan Buatan, Apa Saja Fungsinya?

Ada banyak fungsi ponsel pintar yang sebenarnya didukung kecerdasan buatan.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Natalia Endah Hapsari
 ada banyak fungsi ponsel pintar (smartphone) yang sebenarnya didorong oleh kecerdasan buatan (AI)/ilustrasi.
Foto: UNM
ada banyak fungsi ponsel pintar (smartphone) yang sebenarnya didorong oleh kecerdasan buatan (AI)/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Anda mungkin tidak sadar bahwa ada banyak fungsi ponsel pintar (smartphone) yang sebenarnya didorong oleh kecerdasan buatan (AI). Belakangan ini, AI mendapat sorotan publik dan menjadi alat yang menggunakan teknologi tercanggih.

Sekarang AI telah menjadi bagian integral dari aplikasi seluler sehingga pembuat chip perlu mengembangkan chip AI yang didedikasikan untuk pembelajaran mesin dan tugas pembelajaran mendalam untuk pemrosesan yang lebih cepat. Berikut berbagai cara AI yang digunakan di ponsel, seperti dilansir Indian Express, Selasa (14/2/2023):

Baca Juga

1.AI dalam asisten suara

Fungsi dasar dari asisten suara ponsel melibatkan penggunaan AI. Siri, Google Assistant, dan Bixby dibuat untuk memproses dan memahami lebih dari sekadar perintah seperti "Hai Google" dan "Hai Siri".

Mereka langsung memproses pertanyaan kompleks dan merespons dengan membuat kalimat yang jelas seperti yang dilakukan manusia. Kalimat-kalimat ini ternyata bukan tanggapan yang disimpan. Asisten AI dilatih dengan aturan linguistik untuk membantu mereka menyusun kalimat, mirip dengan chatbot seperti ChatGPT.

 

2.AI dalam fotografi

AI dalam pencitraan memastikan bahwa jepretan Anda terlihat rapi dalam suasana apa pun. AI melakukan keajaibannya dengan menyempurnakan gambar, mempertajam elemen buram, mengurangi noise untuk gambar yang diambil dalam cahaya redup, menambahkan efek bokeh, dan masih banyak lagi.

AI sangat berguna dalam kamera smartphone karena membantu menutupi kekurangan perangkat keras dengan pemrosesan perangkat lunak dan meningkatkan kualitas secara signifikan.

 

3.AI dalam pengenalan wajah

Ponsel Android memang mendukung pengenalan wajah tetapi mereka mendorong pengguna untuk menggunakan teknologi sidik jari. Sedangkan iOS lebih mengutamakan pengenalan wajah.

Pertama kali diluncurkan pada iPhone X pada tahun 2017, teknologi ini menggantikan sistem pemindaian sidik jari Touch ID Apple. Sekarang pengenalan wajah sudah tersedia di semua iPhone terbaru. AI bekerja saat iPhone memeriksa pindaian wajah dengan yang telah Anda atur dan simpan di perangkat untuk melihat kecocokannya. AI membantu Face ID beradaptasi dengan perubahan penampilan Anda seperti memakai riasan.

 

4.AI dalam aplikasi augmented reality (AR)

Chip smartphone khusus memiliki prosesor AI mutakhir yang dikenal sebagai Neural Processing Engines atau sejenisnya yang mendukung pengalaman Augmented Reality (AR) di perangkat. Saat VR mendapatkan daya tarik, AI terus menunjukkan kemampuannya dalam pelacakan dan pengenalan objek secara langsung.

Pengenalan pemandangan melalui lensa kamera adalah contoh dari aplikasi praktis AI. Perangkat kini memiliki kemampuan untuk membedakan berbagai jenis pemandangan, seperti hewan, pemandangan seperti matahari terbenam, dan gambar berisi teks.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement