Senin 13 Feb 2023 04:15 WIB

Astronaut Cina Selesaikan Misi Shenzhou-15

Astronaut Cina telah berhasil mengorbit bersama misi luar angkasa Cina Shenzhou-15

Rep: Amri Amrullah/ Red: Esthi Maharani
Stasiun ruang angkasa Cina, Tiangong-1
Foto: CMSA via news scientist
Stasiun ruang angkasa Cina, Tiangong-1

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Astronaut Cina telah berhasil mengorbit bersama misi luar angkasa Cina Shenzhou-15 menuju stasiun luar angkasa Cina, Tiangong. Pusat peluncuran misi luar angkasa Cina sebelumnya telah berhasil mengorbitkan misi perjalanan pesawat luar angkasa Shenzhou-15.

Pesawat Luar Angkasa Cina ini berhasil mengorbit setelah menyelesaikan perjalanan luar angkasa pertama mereka pada pukul 12:16 (Waktu Beijing) pada Jumat (10/2/2023), menurut Badan Antariksa Berawak China.

Dua orang kru bersama dalam pesawat luar angkasa Shenzhou-15 tersebut, yakni Fei Junlong dan Zhang Lu, akan menemani Deng Qingming yang bekerja di dalam stasiun ruang angkasa Tiangong, untuk mendukung rekan krunya, berkolaborasi untuk melakukan semua tugas yang telah ditetapkan.

Fei dan Zhang telah sampai dengan selamat ke lab Wentian, yang telah menjadi bagian dari Stasiun Luar Angkasa Cina, Tiangong. Selama aktivitas luar kendaraan (extravehicular activities/EVA) yang berlangsung sekitar tujuh jam, mereka menyelesaikan beberapa tugas, termasuk pemasangan pompa ekstensi di luar modul lab Mengtian.

Ini adalah EVA pertama yang dilakukan setelah selesainya stasiun luar angkasa Tiangong. Awak Shenzhou-15, seperti yang direncanakan, akan melakukan beberapa perjalanan luar angkasa di masa depan, kata agensi tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement