Jumat 10 Feb 2023 13:48 WIB

Khusus iPhone, Trik Bisa Tahu Si Penelepon tanpa Lihat Ponsel

Trik ini dapat digunakan saat ponsel dalam mode senyap.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Para pengguna iPhone dapat memakai fitur yang bisa berfungsi mengenali sosok penelepon tanpa melihat layar ponsel. Caranya, ponsel dibuat dalam mode senyap,/ilustrasi
Foto: Republika/Thoudy Badai
Para pengguna iPhone dapat memakai fitur yang bisa berfungsi mengenali sosok penelepon tanpa melihat layar ponsel. Caranya, ponsel dibuat dalam mode senyap,/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Saat mendapat panggilan telepon, pengguna ponsel cerdas biasanya dapat mengetahui siapa penelepon tersebut dengan melihat layar ponsel. Jika disimpan di kontak ponsel pengguna, tentunya nama penelepon akan muncul di layar.

Bahkan jika tidak muncul pun, pengguna tetap dapat melihat lokasi penelepon sehingga memiliki gambaran kasar dari mana panggilan itu berasal. Tetapi tahukah bahwa ada cara lain untuk mengetahui siapa yang menelepon bahkan sebelum melihat layar ponsel?

Baca Juga

Ya, ada fitur yang bisa melakukan hal itu tapi jarang diketahui oleh para pengguna iPhone. “Fitur yang ada pada pengaturan ini bisa berfungsi saat ponsel dalam mode senyap,” demikian dikutip dari laman Mirror, Jumat (10/2/2023).

Banyak ponsel memungkinkan pengguna mengatur nada dering khusus untuk orang tertentu. Hal itu memungkinkan pengguna bisa tahu bahwa orang tertentu yang menelepon mereka karena ditandai nada dering atau lagu favorit yang diatur untuk panggilan terkait.

Kendati pengguna juga dapat melakukannya di iPhone, mereka bisa melakukan sesuatu yang lebih mengesankan. Ini karena pengguna dapat mengatur pola getaran yang berbeda untuk masing-masing kontak. Hal itu berarti bahwa meskipun ponsel berada dalam mode senyap, pengguna masih tahu persis siapa yang menelepon, melalui cara ponsel bergetar.

Dalam Panduan Pengguna iPhone versi online, Apple menyatakan bahwa semua yang perlu dilakukan untuk mengatur nada dering individual atau pola getaran adalah menuju ke aplikasi Kontak, temukan kontak yang diinginkan, dan ketuk Edit.

Dari sana, pengguna dapat memilih nada dering dan nada teks tertentu yang hanya berlaku untuk kontak tersebut. Untuk mengubah pola getarannya, ketuk "buat getaran baru" dan pilih pola yang diinginkan.

Ada pula fitur iPhone lain yang kurang dikenal, dapat memberi tahu pengguma dengan tepat kapan akan turun salju atau hujan, maupun kapan itu akan berhenti.

Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna harus membuka aplikasi cuaca, lalu ketuk ikon tiga baris di pojok kanan bawah layar. Kemudian ketuk ikon lingkaran dengan tiga titik di pojok kanan atas.

Buka 'Pemberitahuan', dan di bawah 'Lokasi saat ini' geser sakelar di sebelah 'Presipitasi Jam Berikutnya' ke posisi aktif. Kemudian pengguna dapat memilih opsi selesai.

Fitur tersebut berfungsi memperingatkan pengguna tentang salju atau hujan dalam beberapa menit setelah cuaca berubah sehingga Anda akan selalu siap menghadapi kondisi buruk. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement