Kamis 09 Feb 2023 18:15 WIB

Lakukan 5 Hal Ini dengan Microsoft Bing Bertenaga AI Baru

CEO Microsoft mengatakan kehadiran Bing adalah hari baru untuk (mesin) pencarian.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Natalia Endah Hapsari
Microsoft mengumumkan mesin pencari Bing yang disempurnakan menggunakan teknologi kecerdasan buatan.
Foto: dok Microsoft
Microsoft mengumumkan mesin pencari Bing yang disempurnakan menggunakan teknologi kecerdasan buatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Microsoft mengumumkan mesin pencari Bing yang disempurnakan pada Selasa (7/2/2023). Raksasa teknologi itu merinci bagaimana menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI)  yang didukung ChatGPT untuk menambahkan banyak kemampuan baru ke Bing.

Microsoft mengatakan Bing yang disempurnakan akan tersedia secara luas dalam beberapa bulan mendatang. Layanan ini tidak akan dikenakan biaya.

Baca Juga

Chief Executive Officer (CEO) Microsoft Satya Nadella mengatakan Bing yang disempurnakan bertujuan mengambil kueri yang tidak mendapatkan hasil yang baik di mesin pencari saat ini. Orang semakin banyak menggunakan mesin pencari untuk mendapatkan saran dan informasi tentang topik yang kompleks, bukan hanya situs web, dan peningkatan AI ke Bing bertujuan untuk membuatnya lebih bermanfaat.

“Ini adalah hari baru dalam pencarian,” kata Nadella dalam acara tersebut. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat Anda coba dengan pencarian bertenaga AI.

 

1. Menerapkan model OpenAI ke mesin peringkat pencariannya

Dilansir dari CNET, Kamis (9/2/2023), hal baru di sini adalah Microsoft telah menerapkan model OpenAI ke mesin peringkat pencariannya. Perusahaan mengatakan itu menyebabkan lompatan besar dalam relevansi hasil pencarian. Jadi, Microsoft yakin Anda akan menemukan respons yang lebih baik untuk pencarian dasar Anda di Bing.

AI juga menambah hasil pencarian dengan ringkasan tertulis. Kasus penggunaan yang diperkirakan Microsoft akan populer adalah merencanakan perjalanan.

Contohnya, misalnya, apa yang harus Anda lakukan jika pergi ke New Orleans selama tiga hari?  Pencarian di Bing akan menunjukkan kepada Anda tidak hanya tautan ke situs dengan saran melihat-lihat dan museum New Orleans, tetapi juga sidebar dengan ringkasan informasi dari seluruh web, yang ditulis oleh AI. Sidebar akan ditautkan ke sumber yang memungkinkan Anda menjelajah lebih jauh.

 

2.Mengajukan lebih banyak pertanyaan

Jika Anda ingin mengajukan lebih banyak pertanyaan setelah pencarian awal di Bing, Anda dapat mengeklik ikon obrolan di dekat bagian atas halaman pencarian. Contohnya perencanaan perjalanan.

Anda dapat melakukan hal-hal seperti mengklarifikasi bahwa Anda mengunjungi New Orleans bersama anak-anak, atau meminta rencana perjalanan tiga hari untuk kunjungan Anda. Bing dapat menawarkan hasil yang sangat halus dalam format percakapan ini. Selain rencana perjalanan mendetail dengan deskripsi tempat yang akan Anda kunjungi, misalnya, Anda dapat menanyakan waktu perjalanan di antara aktivitas di New Orleans.

Mengajukan lebih banyak pertanyaan juga berlaku untuk mencari saran tentang proyek perbaikan rumah, seperti memasang AC di rumah. Ini dapat memberi Anda informasi yang lebih relevan dengan proyek Anda.

 

3.Menulis banyak hal

Bing baru dapat menuliskan sesuatu untuk Anda. Misalnya, Anda bisa meminta Bing untuk menulis email ke mitra Anda yang merangkum apa yang Anda temukan. Tulisan dari Bing bisa Anda edit, kemudian mengeklik kotak teks email baru dan meminta Bing memasukkannya ke sana.

Anda juga bisa meminta Bing menulis sesuatu dengan prompt baru, mirip dengan banyak contoh tulisan ChatGPT yang telah dibagikan pengguna secara daring baru-baru ini.

Anda bisa meminta Bing dengan perintah “tulis cerita tentang anjing penasaran yang pergi ke bulan untuka anak-anak prasekolah” hingga yang lebih serius seperti “tulis surat ke apartemen saya untuk menentang kenaikan sewa yang akan datang.” Anda juga dapat mengubah nada tulisan, seperti meminta agar tulisannya lucu.

 

4.Informasi lebih detail

Anda akan dapat membuka sidebar Bing dan mendapatkan lebih banyak informasi tentang sesuatu yang Anda lihat secara daring pada browser Edge yang baru diubah. Misalnya, Anda dapat membuka daftar produk di Amazon, lalu membuka sidebar untuk meminta Bing memberi tahu Anda tentang produk tersebut. Ini akan memberi Anda ringkasan tentang spesifikasi produk, biaya, dan kasus penggunaan.

Anda juga dapat meminta contoh ulasan suatu barang tertentu kepada Bing. Kemudian, Bing juga bisa memberi intisari dari dokumen yang panjang, lalu membandingkannya dengan dokumen lain.

 

5.Mengajukan pertanyaan yang rumit

Contoh dari fungsi ini adalah Anda bisa menanyakan tentang pelukis Meksiko di Bing baru dan Anda akan mendapatkan ringkasan tertulis dari pemain kunci dan deskripsi pekerjaan mereka.

Anda dapat mengeklik tautan ke sumber untuk mempelajari lebih lanjut, jika mau, atau Anda dapat meminta hasil yang lebih mendetail di fungsi obrolan.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement