Kamis 02 Feb 2023 17:35 WIB

Wow, Ini Dia AI yang Bikin Aktor Kelihatan Lebih Muda

Kecerdasan buatan (AI) akan membuat aktor film jauh lebih muda.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Kecerdasan buatan (AI) dapat membantu membuat aktor film jauh lebih muda/ilustrasi.
Foto: Unsplash
Kecerdasan buatan (AI) dapat membantu membuat aktor film jauh lebih muda/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Tahun lalu, deepfake, alias bentuk kecerdasan buatan (AI) yang digunakan untuk menciptakan gambar, suara, hingga video mirip dengan sosok aslinya, menjadi cukup populer. Kali ini Hollywood berencana membuat wujud lebih muda para alumni Forrest Gump, termasuk Tom Hanks dan Robin Wright.

Dalam rilisnya, perusahaan AI-centric VFX Metaphysic mengatakan bermitra dengan perusahaan produksi Miramax untuk film mendatang Here. Film itu disutradarai oleh Robert Zemeckis dan dibintangi Tom Hanks dan Robin Wright, dikutip Gizmodo, Rabu (1/2/2023).

Baca Juga

Dikatakan bahwa teknologi yang memanfaatkan AI ini, nantinya akan membuat tampilan para aktor jadi lebih muda dalam film. Banyak nama besar di balik film Forrest Gump tahun 1994 yang berkumpul untuk film yang akan datang tersebut. Hal itu kemungkinan akan membuat penonton merasa aneh dengan betapa nyata para aktor yang bermain.

"Here" diadaptasi dari komik setebal enam halaman yang dirilis pada tahun 1989 yang kemudian diadaptasi oleh penulis Richard McGuire menjadi novel grafis setebal 300 halaman pada tahun 2010. Buku ini berpusat pada satu sudut ruangan di sebuah rumah yang tidak mencolok, dan panelnya memerinci banyak ruang yang sama di tahun yang lalu maupun ribuan tahun yang akan datang. Panel tidak digambarkan dalam urutan kronologis, dan karakter tidak lebih dari sekadar snapshot waktu.

Sebelumnya popularitas teknologi Metafisika mulai mencuat ditandai dengan hadirnya deepfake para selebritas, seperti aktor Miles Fisher yang melakukan deepfake Tom Cruise di TikTok menggunakan teknologi tersebut. Kemudian Simon Cowell, Terry Crews, dan Howie Mandel yang dibuat deepfake untuk menyanyikan opera di atas panggung selama episode America's Got Talent tahun 2022.

Menurut rilis berita, untuk film "Here", perusahaan menggunakan sebagian dari teknologi itu untuk membuat "proses pemudaan wajah yang dihasilkan AI sangat natural" ke dalam film. 

Pengawas efek visual film tersebut, Kevin Baillie, mengatakan para aktor menjadi tampak lebih muda berkat teknologi ini. Para pemain "Here" tampil lebih muda dibanding usia aslinya di sepanjang film.

Film "Monsterpalooza" berdurasi tiga jam karya Martin Scorsese tahun 2019, The Irishman, juga pernah memanfaatkan tekonologi serupa atau disebut Flux untuk membuat beberapa aktor tampak lebih muda dari usianya. Itu diterapkan pada sejumlah aktor seperti Robert De Niro dan Al Pacino.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement