Senin 23 Jan 2023 15:21 WIB

Nokia dan Samsung Perpanjang Perjanjian Paten Lintas Lisensi untuk Jaringan 5G

Nokia dan Samsung sepakat perpanjang perjanjian paten lintas lisensi 5G.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Masyarakat merasakan pengalaman ponsel Samsung 5G di toko andalan Samsung 5G di Shanghai, China, 6 Juni 2020. Samsung dan Nokia sepakat memperpanjang perjanjian paten lintas lisensi untuk jaringan 5G.
Foto:

Perjanjian tersebut konsisten dengan asumsi yang telah diungkapkan Nokia terkait prospek jangka panjang Nokia Technologies. Hal itu tertuang dalam Laporan Keuangan kuartal III, Januari-September 2022, yang diterbitkan pada 20 Oktober 2022.

Portofolio paten terkemuka industri Nokia bernilai lebih dari 130 miliar euro yang diinvestasikan dalam R&D sejak tahun 2000. Itu terdiri atas sekitar 20 ribu kelompok paten, termasuk lebih dari 4.500 kelompok paten yang dinyatakan penting untuk 5G.

Nokia mengontribusikan penemuannya untuk standar terbuka dengan imbalan hak untuk melisensikannya dengan persyaratan yang adil, wajar, dan tidak diskriminatif (FRAND). Perusahaan dapat melisensikan dan menggunakan teknologi ini tanpa perlu melakukan investasi substansial mereka sendiri dalam standar, mendorong inovasi dan pengembangan produk dan layanan baru bagi konsumen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement