Kamis 19 Jan 2023 18:45 WIB

Hasil Uji Coba Tahap Akhir: Vaksin HIV Mosaico tak Manjur

Kegagalan vaksin HIV Mosaico mengejutkan karena uji cobanya sudah sampai tahap akhir.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Petugas tenaga kesehatan melakukan screening dengan tes cepat HIV AIDS kepada warga di Gasibu, Bandung, Jawa Barat, Ahad (20/11/2022). Terbukti gagal, uji coba vaksin HIV Mosaico dihentikan.
Foto:

Dalam beberapa dekade sejak itu, sudah ada sembilan uji klinis tahap akhir vaksin HIV, termasuk Mosaico dan Imbokodo, ditambah satu, yang disebut PrEPVacc, yang masih berlangsung di Afrika. Namun, vaksin dalam PrEPVacc tidak dianggap sebagai jalur langsung menuju lisensi jika menunjukkan kemanjuran.

Secara global, diperkirakan ada 38,4 juta orang yang hidup dengan HIV pada 2021, menurut Program Bersama PBB untuk HIV/AIDS. Sekitar 1,5 juta orang saat ini tertular virus setiap tahun, angka yang telah berkurang lebih dari setengahnya sejak puncaknya pada 1996.

Direktur kesehatan global dan kebijakan HIV di Kaiser Family Foundation, Jennifer Kates, mengatakan kegagalan uji coba Mosaico adalah pengingat yang gamblang tentang betapa sulitnya menemukan vaksin HIV. Itu sebabnya penelitian serupa amat penting.

"Untungnya, sudah ada sejumlah intervensi pencegahan HIV yang sangat efektif. Tantangannya adalah meningkatkannya untuk menjangkau semua yang berisiko," kata Kates, dikutip dari laman NBC News, Kamis (19/1/2023).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement