Rabu 18 Jan 2023 11:06 WIB

Memudahkan Penggunaan, Ini 5 Fitur Terbaik Microsoft 365

Microsoft 365 menghadirkan antarmuka dan alat yang mudah diakses beragam pengguna.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Natalia Endah Hapsari
Microsoft Office 365 menawarkan fitur-fitur terbaik yang memudahkan penggunaan (ilustrasi)
Microsoft Office 365 menawarkan fitur-fitur terbaik yang memudahkan penggunaan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Pengembang perangkat lunak dan perusahaan teknologi berusaha untuk memperluas basis pelanggan mereka dengan meningkatkan aksesibilitas ke produk dan layanan mereka. Rangkaian Microsoft 365 merancang antarmuka dan alat yang dapat diakses untuk beragam pengguna dalam lingkungan pembelajaran dan kerja yang semakin digital. Apa sajakah kemudahan itu?

1.Kontrol Mata

Baca Juga

Dilansir dari Beta News, Rabu (18/1/2023), disabilitas mobilitas tak akan lagi mencegah pengguna mengirimkan informasi atau mengakses data. Jika menggunakan keyboard bukan pilihan yang dapat diakses, Microsoft 365 mendukung Kontrol Mata (Eye Control).

Kontrol Mata (Eye Control) memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan konten layar dengan berkedip atau menatap. Microsoft menyebut ini sebagai waktu diam karena teknologi mengenali saat mata berlama-lama di area tertentu. Pengguna dapat menyesuaikan presisi, sehingga mengklik, menggulir, dan memperbesar menjadi lancar dan akurat.

Fitur ini memerlukan periferal tambahan, seperti perangkat pelacak mata yang didukung dari Tobii atau EyeTech. Setelah mengatur dan mengkalibrasi perangkat dan menginstal perangkat lunak, pengguna dapat menyesuaikan pengaturan untuk navigasi umum, permainan, dan penulisan bentuk—sebuah alternatif untuk pengetikan keyboard.

 

2.Pembaca Imersif

Apa pun jenis pembaca Anda, Pembaca Imersif (Immersive Reader) dapat memungkinkan semua pembacaan di OneNote, Word, dan Outlook. Dengan rangkaian pengaturan aksesibilitasnya yang ekstensif, tidak seorang pun akan merasa dikecualikan dari mengonsumsi konten.

Ini melengkapi setiap gaya membaca dengan memungkinkan pengguna untuk”

- Sesuaikan elemen visual seperti spasi garis dan huruf atau warna latar belakang.

- Mintalah teks dibacakan kepada mereka dengan kecepatan yang dipilih.

- Mendikte ke teks.

- Identifikasi bagian-bagian pidato untuk penulisan yang lebih baik.

- Memecahkan suku kata untuk pengenalan.

Pembaca Imersif juga memberi guru alat untuk membuat ruang kelas mereka lebih interaktif dan mudah diakses. Ini membantu siswa meningkatkan pemahaman atas berbagai bahasa, memperkuat pemahaman membaca dan meningkatkan harga diri. Bayangkan kekuatan di balik alat ini saat memperjuangkan keragaman pendidikan, seperti siswa yang memiliki gangguan pendengaran atau disleksia.

 

3.Bantuan Fokus

Bantuan Fokus (Focus Assist) memungkinkan siapa pun dengan berbagai tingkat perhatian untuk tetap mengerjakan tugas sambil mencerna informasi secara produktif. Penggunanya merasa terdorong untuk mempersonalisasi ruang kerja dengan mengurangi efek bergerak, kekacauan, dan pemberitahuan.

Setelan dapat diotomatisasi, bereaksi terhadap aktivitas komputer. Contohnya, komputer memiliki setelah yang berbeda untuk pekerjaan rumahan di siang hari versi bermain gim larut malam. Anda juga dapat menyesuaikan ikon untuk transparansi dan ukuran, memastikan setiap bar dan menu mempromosikan keterlibatan terfokus, bukan aktivitas dangkal

 

4.Captions and Subtitles

Caption and Subtitles selama rapat Microsoft Teams atau Power Point tidak pernah senyaman dan seluas ini. Penerjemah Presentasi berfungsi dalam lebih dari 60 bahasa dan pemirsa dapat memilih bahasa pilihan mereka dalam konferensi video yang lebih besar untuk bekerja secara global dan kolaboratif. Selama perangkat memiliki Microsoft Translator, komunikasi internasional disederhanakan dengan beberapa klik.

Microsoft Stream juga memungkinkan pembuatan teks otomatis untuk membuat pemirsa lebih percaya diri dalam mengikuti konten video. Saat teks dibuat, transkrip dibuat di latar belakang untuk referensi pemirsa kapan pun mereka mau.

 

5.Soundscape

Soundscape adalah salah satu upaya terbaru Microsoft 365 yang baru-baru ini beralih ke modul sumber terbuka. Selama enam tahun, Soundscape telah mendefinisikan ulang pengalaman geografis, terutama bagi mereka yang memiliki gangguan penglihatan.

Isyarat audio binaural menyediakan hak pilihan bagi semua orang terlepas dari aktivitasnya, termasuk olahraga atau melakukan aktivitas sehari-hari. Suara dapat memberikan kenyamanan di area yang tidak diketahui atau melacak pergerakan, menghubungkan individu secara nirkabel jika terjadi keadaan darurat.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement