Kamis 12 Jan 2023 15:07 WIB

Cerita di Balik Kehebohan ChatGPT, Ada Sosok Elon Musk

Elon Musk sempat menanamkan modal ketika masih dalam bentuk organisasi nirlaba.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Chat GPT
Foto: frontdreams.com
Chat GPT

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --- OpenAI telah menjadi pusat perhatian akhir-akhir ini, terlebih setelah peluncuran produknya ChatGPT, AI chatbot yang mampu menghasilkan jawaban seperti manusia untuk pertanyaan pengguna. Mari mengenal lebih dekat OpenAI, perusahaan yang sedang naik daun tersebut, seperti dikutip Indian Express.

OpenAI dimulai sebagai organisasi penelitian nirlaba pada tahun 2015 dan salah satu pendirinya termasuk Sam Altman yang menjabat sebagai CEO saat ini), Ilya Sutskever (Kepala Ilmuwan), Greg Brockman (Ketua & Presiden), Wojciech Zaremba, Elon Musk, dan John Schulman.

Baca Juga

Musk awalnya menginvestasikan 1 miliar dolar AS dalam organisasi nirlaba. Perlu dicatat bahwa perusahaan tersebut bukan lagi organisasi nirlaba, dan Elon Musk pindah dari perusahaan tersebut pada tahun 2018 untuk menghindari potensi konflik kepentingan dengan Tesla.

Pada 2015, misi perusahaan bertujuan memajukan kecerdasan digital dengan cara yang paling menguntungkan umat manusia secara keseluruhan, tidak dibatasi oleh kebutuhan untuk menghasilkan keuntungan finansial. OpenAI ditetapkan sebagai tempat untuk mencari "hasil yang baik untuk semua kepentingannya sendiri", dan memastikan bahwa kecerdasan buatan umum (AGI) tidak akan berakhir merugikan umat manusia.

Organisasi ini didedikasikan untuk mengembangkan kecerdasan buatan (AI) demi kepentingan umat manusia secara keseluruhan. Pada intinya, misinya adalah untuk memastikan bahwa kecerdasan buatan manusia, yang pada dasarnya adalah sistem sangat otonom. Hal itu mengungguli manusia dalam pekerjaan yang paling berharga secara ekonomi, bermanfaat bagi seluruh umat manusia.

Perusahaan mengatakan akan berusaha untuk secara langsung membangun AGI yang aman dan bermanfaat, tetapi juga menganggap misi tersebut terpenuhi jika "pekerjaannya membantu orang lain untuk mencapai hasil ini".

Pada 2019, OpenAI mengubah status nirlaba menjadi "dibatasi" untuk laba, yang memungkinkannya meningkatkan investasi dengan cepat. Pada waktu yang sama, perusahaan mengumumkan niat untuk melisensikan teknologinya secara komersial.

OpenAI dan Microsoft

Microsoft juga melakukan investasi 1 miliar dolar AS pada Juli 2019. Mereka juga bermitra dengan cara OpenAI menjadi pengadopsi awal dari "Mesin Virtual Azure N-Series" Microsoft.

ChatGPT beroperasi di layanan cloud Azure Microsoft. Saat ini, perusahaan dilaporkan memproyeksikan pendapatan 200 juta dolar AS untuk tahun 2023 dan pendapatan 1 miliar dolar AS di 2024. Microsoft dilaporkan berencana menambahkan ChatGPT AI ke produk Office seperti Word dan Outlook, dan bahkan mesin pencari Bing. 

Saat ini Microsoft dilaporkan sedang dalam pembicaraan untuk menginvestasikan 10 miliar dolar AS ke dalam divisi penelitian kecerdasan buatan OpenAI. Bahkan, diperkirakan nilainya bisa bertambah hingga 29 miliar dolar AS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement