Rabu 11 Jan 2023 23:57 WIB

Meta tak Lagi Support Oculus Quest VR

Meta memastikan tidak akan memberikan fitur baru lagi.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Natalia Endah Hapsari
Meta mengumumkan bahwa Oculus Quest VR asli akan berhenti menerima pembaruan perangkat lunak baru dan tidak dapat lagi menggunakan fitur sosial tertentu.
Foto: EPA-EFE/META HANDOUT
Meta mengumumkan bahwa Oculus Quest VR asli akan berhenti menerima pembaruan perangkat lunak baru dan tidak dapat lagi menggunakan fitur sosial tertentu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Meta Oculus Quest 2 merupakan perangkat yang sangat populer di kalangan penggemar realitas virtual. Sayangnya, Meta mengumumkan bahwa Oculus Quest VR asli akan berhenti menerima pembaruan perangkat lunak baru dan tidak dapat lagi menggunakan fitur sosial tertentu.

Headset Oculus Quest pertama rilis pada Mei 2019. Tidak seperti penggantinya, berdasarkan survei Steam, headset ini hanya memiliki sedikit pangsa pengguna (2,63 persen) di bagian VR. Meta telah mengirimkan email yang memberi tahu pemilik Oculus Quest asli bahwa perusahaan tidak akan memberikan fitur baru ke headset.

Baca Juga

Selain itu, pengguna yang saat ini memiliki akses ke fitur sosial Meta Horizon Home tidak akan dapat mengaksesnya lagi mulai 5 Maret 2023. Mereka tidak akan dapat mengundang orang lain ke rumah mereka atau mengunjungi rumah orang lain.

Dilansir TechSpot, Rabu (11/1/2023), Meta mengatakan pemilik masih dapat menggunakan headset dan aplikasi yang tersedia dan perusahaan akan terus merilis perbaikan bug penting dan tambalan keamanan hingga 2024. Quest asli jelas kewalahan jika dibandingkan dengan Meta Quest 2. Yang pertama ditenagai oleh chipset Snapdragon 835/Kryo 280 yang hadir pada tahun 2017 sedangkan Quest 2 menggunakan AR/VR -spesifik Qualcomm Snapdragon XR2 dari tahun 2020.

Quest 2 terus mendominasi survei Steam dengan pangsa pengguna 41,35%. Ini berati hampir setengah dari semua peserta yang memiliki headset VR menggunakan perangkat Meta.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement