Selasa 10 Jan 2023 21:24 WIB

Pulau Baru Menyembul di Perairan Tanimbar, Fenomena Serupa Terjadi Waktu Tsunami Aceh

Usai gempa-tsunami Aceh pada 2003 muncul pulau dengan ketinggian tiga meter.

 Handout shakemap yang disediakan oleh United States Geological Survey (USGS) menunjukkan lokasi gempa berkekuatan 7,6 di Laut Banda, lepas pantai Wilayah Kepulauan Tanimbar Indonesia dan Timor Timur, awal 10 Januari 2023. Menurut Badan Meteorologi Indonesia, Badan Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi pada pukul 00:47:34 WIB (17:47:34 WIB) pada 10 Januari, dan berpusat di Laut Banda pada kedalaman 131km. Pulau baru muncul pascagempa di perairan Tanimbar.
Foto:

Pada prinsipnya, menurut Eko, hampir seluruh kepulauan di Indonesia sebagian besar terbentuk karena proses tektonik dan vulkanik. Proses itu mengakibatkan semua yang berada di bawah laut, dalam satu masa muncul ke atas permukaan laut.

Indonesia merupakan negara yang memiliki gunung api paling banyak di dunia. Proses pembentukan gunung itu menjadi salah satu faktor yang kemudian menyebabkan munculnya daratan keluar dari lingkungan perairan atau laut.

Selain itu, ada faktor kedua yang disebut sebagai tektonik. Sebab, pengangkatan daratan itu terjadi secara perlahan-lahan, juga secara cepat mengikuti siklus gempa bumi.

"Saat energi terkumpul melampaui plastisitas kerak bumi, kerak patah dan terangkat menjadi pulau baru," jelas Eko.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement