Selasa 10 Jan 2023 04:58 WIB

Meta Keukeuh Posting “Kematian bagi Khamenei”

Unggahan yang mengkritik Ali Khamenei dianggap tidak melanggar aturan.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Natalia Endah Hapsari
Dewan Pengawas Meta membatalkan keputusan perusahaan untuk menghapus postingan Facebook yang menggunakan slogan “Matilah Khamenei.” Postingan tersebut diunggah guna mengkritik pemimpin Iran.
Foto: EPA-EFE/META HANDOUT
Dewan Pengawas Meta membatalkan keputusan perusahaan untuk menghapus postingan Facebook yang menggunakan slogan “Matilah Khamenei.” Postingan tersebut diunggah guna mengkritik pemimpin Iran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Dewan Pengawas Meta membatalkan keputusan perusahaan untuk menghapus postingan Facebook yang menggunakan slogan “Matilah Khamenei.” Postingan tersebut diunggah guna mengkritik pemimpin Iran.

Menurut Dewan Meta, postingan itu tidak melanggar aturan yang melarang ancaman kekerasan. Dalam sebuah keputusan, Dewan mengatakan frasa tersebut sering digunakan yang memiliki arti “Jatuh bersama Khamenei.” Ini mengacu pada Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei yang telah memimpin penumpasan keras terhadap protes nasional di beberapa bulan terakhir.

Baca Juga

“Dalam konteks postingan dan situasi sosial, politik, dan bahasa yang lebih luas di Iran, 'marg bar Khamenei' harus dipahami sebagai 'jatuh bersama' Itu adalah retorika, slogan politik, bukan ancaman yang kredibel," kata Dewan Meta seperti dikutip oleh Reuters.

Sejak pertengahan September lalu, Iran telah dicengkeram oleh demonstrasi, menyusul kematian seorang wanita Kurdi Iran berusia 22 tahun yang ditangkap karena mengenakan pakaian tidak pantas di bawah aturan berpakaian ketat negara untuk wanita. Setelah kejadian itu, protes terjadi di seluruh negeri.

Para demonstran yang berasal dari semua lapisan masyarakat menyerukan jatuhnya teokrasi yang berkuasa di Iran dan telah menjadi salah satu tantangan terbesar bagi pemerintah Republik Islam yang dikuasai Muslim Syiah sejak revolusi 1979.

Kerusuhan itu menciptakan masalah yang akrab bagi Meta. Perusahaan melarang bahasa yang menghasut kekerasan serius tetapi bertujuan menghindari penjangkauan yang berlebihan dengan membatasi penegakan pada ancaman yang kredibel, meninggalkan ambiguitas seputar kapan dan bagaimana aturan tersebut berlaku.

Setelah Rusia menginvasi Ukraina tahun lalu, misalnya, Meta memperkenalkan pengecualian sementara untuk mengizinkan seruan kematian kepada Presiden Rusia Vladimir Putin yang bertujuan memberikan ruang bagi pengguna di wilayah tersebut untuk mengekspresikan kemarahan mereka atas perang. Namun, beberapa hari kemudian pengecualian tersebut dibatalkan.

Meta juga menghadapi pengawasan atas bagaimana platformnya digunakan untuk mengatur menjelang serangan 6 Januari di Gedung Capitol. Frasa seperti “Bunuh mereka semua" muncul di ribuan Grup Facebook yang berbasis di AS sebelum serangan, termasuk seruan untuk melakukan kekerasan terhadap pemimpin politik AS tertentu. Dewan Pengawas mengatakan dalam putusannya bahwa pernyataan “Kematian bagi Khamenei" berbeda dari ancaman yang diposting sekitar 6 Januari. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement