Senin 09 Jan 2023 05:35 WIB

Deretan Inovasi Robot dan AI Terbaik di CES 2023

Banyak temuan baru yang dipamerkan dalam acara teknologi tahunan CES 2023

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Esthi Maharani
Orang-orang berjalan melalui pusat Venetian Expo selama acara teknologi Consumer Electronics Show (CES), Kamis, 5 Januari 2023, di Las Vegas.
Foto: AP Photo/John Locher
Orang-orang berjalan melalui pusat Venetian Expo selama acara teknologi Consumer Electronics Show (CES), Kamis, 5 Januari 2023, di Las Vegas.

REPUBLIKA.CO.ID, LAS VEGAS – Banyak temuan baru yang dipamerkan dalam acara teknologi tahunan Consumer Electronics Show (CES) 2023 yang berlangsung di Las Vegas, Amerika Serikat (AS) sejak Kamis lalu. Mulai dari mesin pemotong rumput hingga mobil dengan konsep fantastis yang mengenal pengemudinya.

Hampir setiap inovasi yang dipamerkan di CES 2023 dilengkapi dengan kecerdasan buatan (AI). Penasaran dengan produk bertenaga AI terbaik yang ditemukan di CES? Yuk, simak daftarnya, seperti dikutip ZDNET, Ahad (8/1/2023):

1. Peugeot kenalkan mobil masa depan yang canggih

Seiring berjalannya waktu, mobil secara bertahap terlihat menjadi semakin pintar. Produsen mobil Peugeot meluncurkan konsep mobil masa depan, yaitu mobil Inception.

Konsep Inception dapat hidup saat Anda mendekati mobil, mengenali Anda, menyapa Anda, lalu secara otomatis menyesuaikan mobil dengan pengaturan mengemudi pilihan Anda. Kendaraan ini memiliki lounge, tempat semua penumpang dapat bersantai. Selain itu, mobil ini juga menampilkan versi i-Cockpit Peugeot yang ditingkatkan dan menunjukkan bagaimana seseorang dapat mengendalikan kendaraan tanpa setir.

2. Robot pengisi EV otonom bernama Parky

Perusahaan Evar meluncurkan Parky, robot pengisian ulang EV otonom yang membawa stasiun pengisian daya ke tempat parkir mana pun. Parky dirancang untuk pemilik gedung yang ingin membuat tempat parkirnya lebih ramah EV tanpa menambah kapasitas listrik.

Untuk menggunakan Parky, pengemudi harus menemukan tempat di sebelah konektor robot EV dan memasangnya. Kemudian, Anda dapat menggunakan Near Field Communication (NFC) untuk menelepon Parky dan secara otomatis akan menemukan mobil Anda. Robot menyediakan pengisian daya 15kW DC per jam, memberikan jarak mengemudi 50 mil.

3. Kereta dorong cerdas Ella

GlüxKind Ella menjanjikan sistem perjalanan pintar yang menghadirkan berbagai fitur bertenaga AI yang dimaksudkan untuk menjaga bayi tetap aman. Kereta dorong Ella dapat memberi orang tua peringatan bahaya lingkungan ketika ada sesuatu yang perlu diperhatikan.

Sementara itu, Mode Bebas Genggam yang masih dalam versi beta, memungkinkan kereta dorong untuk bergerak sendiri, tetap berada di dekat Anda sesuai kecepatan Anda. Kereta dorong Ella juga memiliki lonceng dan peluit yang dilengkapi dengan kursi mobil, keranjang bayi, dan kursi balita.

4. Mesin pemotong rumput robotik EcoFlow Blade

EcoFlow memperkenalkan EcoFlow Blade yang diklaim sebagai robot pemotong rumput penyapu rumput pertama di dunia yang mampu mengumpulkan daun-daun yang berguguran. Robot menggunakan program dalam aplikasi cerdas, GPS, dan LiDAR untuk melakukan pengumpulan daun otomatis dan pemotongan tepi presisi.

5. Sensor toilet U-Scan

CES 2023 juga memamerkan produk kesehatan dan kebugaraan yang menggunakan AI. Salah satunya adalah sensor toilet Withings U-Scan yang menempel di bagian dalam toilet. Ini termasuk pelacak urin dan metabolisme, memeriksa pH, keton, kadar vitamin C, dan banyak lagi. Pelacak kedua memantau hormon luteinizing wanita untuk siklus ovulasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement