Senin 08 Jan 2024 10:18 WIB

Kecerdasan Buatan Bakal Jadi Sorotan di Consumer Electronics Show 2024

Sejumlah perusahaan teknologi bersiap memperkenalkan produk terbaru di CES 2024.

Rep: Shelbi Asrianti   / Red: Friska Yolandha
Orang-orang berjalan di dekat Las Vegas Convention Center selama persiapan menjelang pameran teknologi CES Sabtu, 6 Januari 2024, di Las Vegas.
Foto: AP Photo/John Locher
Orang-orang berjalan di dekat Las Vegas Convention Center selama persiapan menjelang pameran teknologi CES Sabtu, 6 Januari 2024, di Las Vegas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Segala hal tentang kecerdasan buatan (AI) akan menjadi sorotan di Consumer Electronics Show (CES) 2024. Pameran teknologi besutan Consumer Technology Association tersebut bakal dihelat di Las Vegas, Amerika Serikat, pada 9-12 Januari 2024.

Dikutip dari laman News.com.au, Senin (8/1/2024), deretan perusahaan teknologi besar telah menyiapkan produk paling mutakhir untuk CES 2024. Sebut saja LG, Microsoft, Hisense, Sony, Samsung, Mercedes, BMW, Kia, Canon, Bosch, dan perusahaan lainnya yang akan memamerkan perangkat baru.

Baca Juga

Beberapa bocoran perangkat itu termasuk TV nirkabel lipat dengan spesifikasi canggih hingga robot yang melakukan lebih dari sekadar menyedot debu. Ada juga lemari es yang menampilkan gerakan tarian TikTok, serta mobil dan kendaraan listrik dengan aneka fitur.

"Ini adalah 'tahun AI' dalam segala hal. Jika Anda tidak memilikinya dalam produk Anda, jangan muncul," ujar analis riset Lopez, Maribel Lopez. Lebih dari 3.000 peserta pameran akan mengikuti CES 2024, meski minus Apple, sebab jenama itu tidak pernah hadir di CES. 

Namun, ada masalah dengan ekstravaganza AI tersebut. Merek-merek teknologi besar masih berusaha meyakinkan pelanggan bahwa AI akan membuat hidup mereka lebih baik. Konsumen juga ingin melihat apakah mereka benar-benar harus mengeluarkan uang untuk itu.

Untuk CES 2024, LG menghadirkan asisten rumah pintar berbasis AI yang diklaim dapat bergerak, belajar, memahami, dan terlibat dalam percakapan yang kompleks. Perangkat itu dapat mengenali penghuni rumah, mengukur suhu dan kelembapan, mematikan lampu, dan mengawasi hewan peliharaan.

Dikatakan bahwa asisten AI itu bahkan dapat menghampiri pemilik rumah ketika pulang, menganalisis ekspresi, menebak suasana hati, dan mulai memainkan lagu yang sesuai. Sebagai contoh, lagu "All by Myself" dari Celine Dion jika pemilik rumah lajang dan hidup sendiri.

"LG bertujuan untuk membebaskan pengguna dari beban pekerjaan rumah tangga," kata LG lewat pernyataan resminya, yang menyebut produk mereka menerapkan standar yang tinggi.

Produk canggih lain di CES 2024 adalah komputer personal (PC) yang menerapkan AI. Sejumlah laptop seri terbaru akan memiliki chip seperti Intel dan AMD yang dilengkapi unit pemrosesan saraf, yang bekerja lebih cerdas dan efisien memberikan resolusi yang lebih baik namun juga menyedot lebih sedikit daya.

Pada CES 2023, perusahaan teknologi....

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement