Senin 02 Jan 2023 21:45 WIB

Cara Gunakan Files Bawaan untuk iPhone

Fitur lain yang ditawarkan oleh Files adalah menyematkan tag pada berkas.

Rep: ADYSHA CITRA RAMADANI/ Red: Natalia Endah Hapsari
Aplikasi pengelola berkas bawaan bernama Files di iPhone dapat membantu pengguna mengakses berbagai berkas yang tersimpan baik di dalam ponsel  (ilustrasi).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Aplikasi pengelola berkas bawaan bernama Files di iPhone dapat membantu pengguna mengakses berbagai berkas yang tersimpan baik di dalam ponsel (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --- Aplikasi pengelola berkas bawaan pada ponsel pintar iOs dan Android, Files, kini tampak semakin menjanjikan. Namun mengingat fitur ini terbilang baru, sebagian pengguna ponsel pintar mungkin masih belum mengetahui cara mengoperasikan aplikasi Files dengan optimal.

Keberadaan aplikasi bawaan ini bisa membantu pengguna ponsel untuk merapikan dan membersihkan ruang penyimpanan internal pada ponsel. Berikut ini adalah triknya, seperti dilansir Gizmodo.

Baca Juga

Aplikasi pengelola berkas bawaan bernama Files di iPhone dapat membantu pengguna mengakses berbagai berkas yang tersimpan baik di dalam ponsel maupun beragam akun penyimpanan cloud, seperti iCloud. Aplikasi Files juga bisa memindahkan berkas dari kedua lokasi penyimpanan ini dengan mudah.

Fitur lain yang ditawarkan oleh Files adalah menyematkan tag pada berkas. Tag ini bisa terlihat pada tab Browse dan nama dari tag tersebut bisa diganti hanya dengan menekannya cukup lama. Untuk menambahkan tag pada berkas, hal yang perlu dilakukan adalah menekan lama berkas yang diinginkan hingga muncul pilihan Tags pada menu.

Di sisi kanan tab Browser, pengguna juga bisa menemukan opsi Edit. Opsi ini memungkinkan pengguna untuk memilih layanan penyimpanan cloud yang ingin mereka akses. Selain itu, ada pula fitur lain seperti Quick Look dan New Folder with Item.

Tiga titik di dekat tab Browse juga dapat menampilkan ppsi Icon dan List. Kedua opsi ini dapat membantu pengguna untuk mengatur penyusunan berkas sesuai keinginan masing-masing. Ada pula fitur Scan Documents untuk melakukan pemindaian suatu berkas dengan menggunakan kamera ponsel.

Dua tab lain yang dihadirkan aplikasi Files di iPhone adalah Recents dan Shared. Recents bermanfaat untuk mengakses berkas yang baru dibuat atau dimodifikasi, sedangkan Shared dapat digunakan untuk mengakses berkas atau folder yang dibagikan kepada orang lain melalui iCloud Drive. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement