Senin 02 Jan 2023 16:31 WIB

Apple Pencil Generasi Terbaru Kian Canggih, Bisa Kenal Warna dan Tekstur

Generasi terbaru dari Apple Pencil juga sudah mendapatkan hak paten.

Apple Pencil (ilustrasi).
Foto: www.pixabay.com
Apple Pencil (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apple Inc mendapatkan paten untuk generasi terbaru Apple Pencil miliknya. Apple Pencil terbaru ini dikabarkan sudah dilengkapi sensor untuk mengenali warna dan tekstur.

Dalam berkas paten yang diajukan ke Patent and Trademark Office Amerika Serikat bernomor 20220413636 A1, melansir Phone Arena, Senin (2/1/2023), Apple menanamkan sensor optik dan emitor cahaya pada ujung (nib) Pencil. Sensor optik pada Apple Pencil berfungsi untuk mengenali warna dan tekstur pada permukaan sebuah objek, sementara emitor cahaya untuk membaca spektrum warna.

Baca Juga

Untuk mengenali warna dan tekstur, pengguna mungkin perlu memegang Apple Pencil pada sudut tertentu atau memerlukan pencahayaan tertentu. Hasil warna dan tekstur yang dikenali Apple Pencil akan dikirimkan kepada gawai yang disandingkan (pairing), misalnya tablet atau komputer.

Apple sejak beberapa tahun belakangan mengajukan paten untuk Pencil, namun, belum tentu semua teknologi itu akan diwujudkan pada produk terbaru. Pada 2021, Apple mendapatkan paten untuk Pencil yang ujungnya dapat diganti ketika rusak atau ingin memasang ujung lain untuk beragam fungsi, misalnya mengenali warna atau tingkat kecerahan.

Meskipun paten sudah disetujui, bukan berarti Apple akan segera membuat Apple Pencil atau memasukkan semua teknologi itu ke dalam produk mereka. Ketika Apple Pencil betul-betul diwujudkan, Apple Pencil itu diperkirakan baru akan muncul pada 2024 bersamaan dengan iPad Pro yang menggunakan layar OLED.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement