Rabu 18 Oct 2023 12:31 WIB

Apple Luncurkan Pencil USB-C Universal, Apa Fungsinya?

Apple Pencil baru dipasangkan dan diisi dayanya dengan kabel USB-C.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani, Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
 Apple kini merilis Apple Pencil USB-C yang dapat digunakan dengan setiap model iPad.
Foto: Apple
Apple kini merilis Apple Pencil USB-C yang dapat digunakan dengan setiap model iPad.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Setahun setelah meluncurkan iPad 10 dengan USB-C- dan membuat pengguna membeli dongle untuk menghubungkan Apple Pencil generasi pertama dengannya— Apple kini merilis Apple Pencil USB-C yang dapat digunakan dengan setiap model iPad. 

Dengan akurasi piksel sempurna, latensi rendah, dan sensitivitas kemiringan, Apple Pencil baru “ideal untuk membuat catatan, membuat sketsa, membuat anotasi, membuat jurnal, dan banyak lagi.” Didesain dengan hasil akhir matte dan sisi datar yang menempel secara magnetis ke sisi iPad untuk penyimpanan, Apple Pencil baru dipasangkan dan diisi dayanya dengan kabel USB-C. 

Baca Juga

Wakil Presiden Pemasaran Produk Seluruh Dunia Apple Bob Borchers mengatakan Apple Pencil telah merevolusi pencatatan, pembuatan sketsa, dan ilustrasi, membuka kemungkinan produktivitas dan kreativitas tanpa batas. 

“Dikombinasikan dengan keserbagunaan iPad, Apple Pencil baru membuka opsi hebat lainnya untuk merasakan keajaiban tulisan tangan digital, anotasi, penandaan dokumen dan banyak lagi,” kata Borchers,  

Versi baru ini dilengkapi penutup geser dengan port USB-C, memungkinkan pelanggan menggunakan kabel USB-C untuk menyambung ke Apple Pencil baru untuk memasangkan dan mengisi daya. Saat dipasang secara magnetis ke iPad untuk penyimpanan, Apple Pencil baru memasuki kondisi tidur untuk menghemat masa pakai baterai. 

Apple mengatakan Apple Pencil baru adalah model paling terjangkau yang ditawarkannya, menjadikannya ideal untuk produktivitas dan kreativitas sehari-hari. Dengan pengisian daya dan pemasangan USB-C, Apple Pencil baru sangat cocok untuk pengguna iPad (generasi ke-10) dan berfungsi dengan semua model iPad dengan port USB-C, termasuk iPad Pro, iPad Air, dan iPad mini.

Meskipun juga memiliki dukungan hover untuk M2 iPad Pro, ia tidak menawarkan sensitivitas tekanan, pemasangan dan pengisian daya nirkabel, atau ketuk dua kali untuk mengganti alat. Apple juga tidak menyediakan ukirannya. 

Lantas, apa saja keunggulannya?

1.Tips magnetis

Melansir laman Indian Express, Rabu (18/10/2023), Apple Pencil 3 bisa lebih serbaguna dengan ujung magnetis yang dapat ditukar dengan ketebalan berbeda-beda. Ujung yang tipis bisa berguna untuk sekedar menulis catatan, sementara seniman dan pencoret-coret bisa menggunakan ujung yang lebih tebal atau bahkan mungkin ujung dengan bentuk berbeda.

Namun ada juga kemungkinan bahwa tips yang dapat ditukar semuanya memiliki ukuran dan bentuk yang sama, hanya dapat dilepas sehingga mudah diganti jika sudah aus.

 

2.Perubahan desain

Pada tahun 2021 lalu, gambar yang bocor menunjukkan Apple Pencil generasi ketiga dengan panjang yang lebih pendek dan hasil akhir yang mengkilap dan membulat. Belum diketahui apakah ini masih relevan, namun model ini memiliki komponen ujung yang lebih besar, sebuah petunjuk yang sangat cocok dengan ujung magnet yang dapat ditukar yang telah disebutkan sebelumnya.

 

3.Dukungan USB-C

Saat ini, Apple menjual dua Pensil: model OG generasi pertama (kompatibel dengan iPad murah) dan saudara kandungnya generasi kedua (yang kompatibel dengan semua model iPad). Apple Pencil asli ini memiliki konektor Lightning. Namun dengan standarisasi USB-C di seluruh produk Apple, masuk akal jika Apple Pencil akan mengikuti tren tersebut. Mungkin model generasi pertama akan mendapatkan penyegaran USB-C tahun ini.

 

4.Pilihan warna baru

Apple Pencil terbaru, model generasi kedua, sebenarnya dirilis pada tahun 2018. Jadi pada tahun 2020, rumor menyebutkan bahwa iterasi berikutnya akan hadir dalam pilihan warna hitam dan putih. Rumor tersebut sudah berusia hampir tiga tahun, jadi masih harus dilihat apakah rumor tersebut benar adanya.

Selain pencil, ada rumor akan hadir iPad baru. Benarkah? Mark Gurman dari Bloomberg dan analis Ming-Chi Kuo telah mempertimbangkan bahwa peluncuran besok kemungkinan besar tidak akan menampilkan iPad baru. Laporan sebelumnya menunjukkan bahwa meskipun penyegaran untuk semua iPad sedang dilakukan, hal itu tidak akan terjadi bulan ini. Namun jika ya, Apple dapat memperkenalkan ‌Apple Pencil‌ universal baru yang dapat digunakan dengan semua model ‌iPad‌.

Aksesori ini dibanderol harga 79 dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 1,2 juta— atau 69 dolar AS atau sekitar Rp 1.084.680 dengan diskon pendidikan. Apple Pencil USB-C universal ini tersedia pada awal November. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement