Senin 19 Dec 2022 17:38 WIB

Tren dan Karakteristik Unik Gen Z di Instagram Sepanjang 2022  

Penggunaan fitur Avatar terus meningkat di kalangan Gen Z di Instagram.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Logo Instagram. Sebanyak 3,2 miliar atau 41 persen dari populasi dunia adalah Gen Z.
Foto:

Berdasarkan hasil laporan yang ada, terdapat tiga tren yang akan terus relevan di Instagram sepanjang 2023. Tiga bidang itu yakni kuliner dan wisata, lagu dan tarian lokal, juga minat terhadap elemen-elemen web 3, seperti Avatar, AR, VR, dan NFT.

Sebagian besar tagar terpopuler di Instagram berhubungan dengan konten makanan dan traveling. Tagar #PesonaIndonesia, #Bali, dan #Kuliner menjadi beberap yang paling banyak digunakan Gen Z di Instagram tahun ini. Sebanyak 40 persen dari Gen Z yang disurvei Populix mengaku aktif menggunakan ketiga tagar tersebut.

Di Reels, lagu dan tarian lokal lebih banyak dipakai dan dibagikan Gen Z daripada lagu asing. Sejumlah lagu favorit termasuk "Dunia Tipu Tipu" oleh Yura Yunita, "Ojo Dibandingke" oleh Farel Prayoga, "Full Senyum Sayang" oleh Evan Loss, "I Love Mama Mantu" oleh Bulan Sutena, dan "Hati-Hati di Jalan" oleh Tulus.

Sebanyak 65 persen responden Gen Z yang disurvei Populix mengaku ingin melihat lebih banyak lagi fitur realitas virtual (VR) di Instagram. "Kasat Mata" dan "ID Flag" buatan kreator dalam negeri menjadi dua AR Filter yang paling banyak digunakan oleh Gen Z Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement