Kamis 24 Nov 2022 15:54 WIB

Ratusan Koin Kuno dari Tahun 100 SM Dicuri dari Museum, Nilainya Fantastis

Nilai harta karun itu sekitar 1,6 juta euro atau Rp 26 miliar.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Dwi Murdaningsih
Koin kuno. ilustrasi
Foto:

Menteri Sains dan Seni Bavaria Markus Blume mengatakan, bukti menunjukkan pencurian tersebut dilakukan oleh para profesional. "Ini sangat aman dan karena itu ada kecurigaan bahwa kami lebih suka berurusan dengan kasus kejahatan terorganisir," ujarnya.

Namun, para pejabat mengakui bahwa tidak ada penjaga di museum pada malam hari. Menurut pengakuan Kepala Koleksi Arkeologi Negara Bavaria di Munich Rupert Gebhard, sistem alarm dianggap memberikan keamanan yang memadai.

Menurut Gebhard, jarahan itu sangat berharga baik bagi masyarakat lokal di Manching maupun bagi para arkeolog di seluruh Eropa. Koin berbentuk mangkuk, berasal dari sekitar 100 SM, dibuat dari emas sungai Bohemia dan menunjukkan pemukiman Celtic di Manching memiliki hubungan di seluruh Eropa.

“Para arkeolog berharap koin-koin itu tetap dalam keadaan aslinya dan muncul kembali di beberapa titik,” katanya menyatakan koin-koin itu didokumentasikan dengan baik dan akan sulit untuk dijual.

"Pilihan terburuk, pencairan, akan berarti kerugian total bagi kami," kata Gebhard.

Gebhard mencatat bahwa nilai material emas itu sendiri hanya akan mencapai sekitar 250.000 euro dengan harga pasar saat ini. Dia menjelaskan, ukuran harta karun itu menunjukkan bahwa itu mungkin peti perang seorang kepala suku.

 

Emas-emas tersebut ditemukan di dalam karung yang terkubur di bawah fondasi bangunan dan merupakan penemuan terbesar yang dibuat selama penggalian arkeologi reguler di Jerman pada abad ke-20. 

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement