Jumat 04 Nov 2022 15:42 WIB

Rumah Digital untuk Disabilitas Resmi Diluncurkan, Ada Apa Saja?

Rumah Digital untuk Disabilitas adalah wadah untuk berkarya bagi rekan disabilitas.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Penyandang disabilitas memindai kode batang untuk melihat platform Rumah Digital Untuk Disabilitas di Jakarta, Jumat (4/11/2022). Rumah Digital merupakan platform wadah penyandang disabilitas di seluruh Indonesia untuk berkarya dan mendapatkan akses informasi seperti forum digital, agenda acara, pelatihan kerja dan UMKM, hingga lowongan pekerjaan. Republika/Putra M. Akbar
Foto:

 

Angkie menjelaskan wadah digital ini selaras dengan kebijakan Presiden Bapak Joko Widodo yang meminta percepatan transformasi digital bagi semua. Kemudahan akses digital bagi penyandang disabilitas adalah bagian dari upaya untuk menghadirkan transformasi transformasi tersebut untuk penyandang disabilitas di Indonesia.

Menurut Angkie, di era digital seperti sekarang ini sudah saatnya Indonesia membentuk sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dengan mengembangkan sumber daya manusia digital melalui upaya percepatan transformasi digital. Terlebih Indonesia saat ini telah memasuki bonus demografi dimana terdapat lebih dari 50 persen masyarakat Indonesia berusia 10 sampai 40 tahun yang berjunlah 144 juta jiwa.

“Kita hidup di era perkembangan teknologi yang begitu pesat, akses informasi sangat mudah dicari. Disabilitas tidak boleh berada di belakang dalam proses peradaban zaman. Kita harus terlibat di depan dalam perkembangan dunia yang kini akrab dengan kemajuan teknologi” seru Angkie.

Nerdasarkan data dari Kementerian Ketenagakerjaan pada 2021, terdapat 16.517.756 jiwa penyandang disabilitas usia kerja (15-65 tahun) dengan estimasi 1.8 juta diantaranya generasi milenial dan zelenial. Maka dari itu, kemampuan literasi digital yang mumpuni harus dikuasai oleh penyandang disabilitas.

Dalam Program Rumah Digital ini, Productive+ berkolaborasi dengan FELLO yang merupakan platform e-money untuk mendukung transaksi cashless di era digital. FELLO diinisiasi oleh Jatelindo Perkasa Abadi akan melengkapi fitur pada aplikasi Productive+ yaitu fitur pembayaran digital yang user friendly bagi penyandang disabilitas.

 

Berbekal pengalaman kemitraan dengan Pemprov DKI Jakarta, FELLO dan Productive+ akan bersinergi menyediakan fitur transportasi yang dapat mempermudah mobilisasi penyandang disabilitas khususnya di DKI Jakarta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement