Kamis 20 Oct 2022 14:16 WIB

Anak Suriah Mengemis Pakai TikTok, Batasan Usia untuk Bisa Live Streaming Bakal Dinaikkan

Mulai bulan depan, pengguna TikTok harus berusia 18 tahun untuk bisa siaran langsung.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Reiny Dwinanda
Logo aplikasi TikTok. Dalam beberapa pekan mendatang, hanya pengguna berusia 18 tahun ke atas yang bisa live streaming di TikTok.
Foto:

Meminta-minta

Selama lima bulan, Unit Disinformasi Global BBC, BBC Arabic, dan BBC Eye Investigations mengikuti lebih dari 300 akun TikTok yang melakukan streaming langsung dari barat laut Suriah. Aturan TikTok mengatakan pengguna tidak boleh meminta-minta sumbangan atau hadiah secara langsung dan harus mencegah bahaya atau eksploitasi anak di bawah umur di platform.

Ketika News BBC menggunakan sistem dalam aplikasi untuk melaporkan 30 akun yang menampilkan anak-anak mengemis, TikTok mengatakan tidak ada pelanggaran kebijakan. Setelah BBC News menghubungi TikTok secara langsung untuk memberikan komentar, perusahaan tersebut memblokir semua akun.

TikTok mengatakan jenis konten ini tidak diizinkan di platformnya. Selain itu, untuk komisi dari hadiah digital secara signifikan kurang dari 70 persen meskipun masih belum mengonfirmasi jumlah pastinya.

TikTok adalah aplikasi media sosial dengan pertumbuhan tercepat di dunia dan telah diunduh lebih dari 3,9 miliar kali. Menurut perusahaan analitik Sensor Tower, platform tersebut telah menghasilkan lebih dari 6,2 miliar dolar AS dalam pendapatan kotor dari pengeluaran dalam aplikasi sejak diluncurkan pada 2017.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement