Kamis 13 Oct 2022 10:30 WIB

Xbox Cloud Gaming Bakal Hadir di Meta Quest 2

Pertama kalinya Xbox Game Pass tersedia pada platform virtual reality.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Indira Rezkisari
(Foto: ilustrasi Xbox)
Foto: Public Domain Pictures
(Foto: ilustrasi Xbox)

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA – Microsoft mengumumkan layanan game cloud populer Xbox Game Pass ke Meta Quest 2. Namun, hingga saat ini belum diketahui tanggal rilisnya.

Kedua perusahaan mengumumkan kemitraan baru selama acara Meta Connect yang diselenggarakan pada Selasa. Ini akan menjadi pertama kalinya Xbox Game Pass tersedia pada platform virtual reality nirkabel.

Baca Juga

Microsoft dan Meta mengatakan gamer tidak akan dapat memainkan semua judul dalam realitas virtual. “Anda akan dapat memainkan game 2D dengan pengontrol Xbox yang diproyeksikan pada layar besar di Quest,” kata CEO Microsoft Satya Nadella selama acara tersebut. Xbox Game Pass selalu menambahkan game baru sehingga pemilik Quest 2 akan memiliki perpustakaan yang terus berkembang.

Memiliki ratusan game di layar virtual yang besar memang mengasyikkan dan cara lain bagi Microsoft untuk mengembangkan platform cloud-nya, terutama dengan ditutupnya Google Stadia. Microsoft dan Meta juga bekerja menuju integrasi yang lebih besar dari Quest 2 dengan aplikasi Microsoft lainnya, seperti Microsoft 365.

Microsoft menunjukkan bahwa sementara penggemar belum dapat memainkan Halo Infinite di VR, game populer yang akan tersedia di Quest 2 bersama dengan perpustakaan XboxGame Pass lainnya. Layanan streaming game sangat menguntungkan mengingat Xbox Game Pass menghasilkan Microsoft hampir 3 miliar dolar AS pada tahun lalu.

Langganan Xbox Game Pass Ultimate akan diperlukan untuk menggunakan layanan di Meta Quest 2, tetapi gamer tidak memerlukan pengontrol Quest 2 mereka untuk bermain. Pengontrol Xbox standar dapat dihubungkan melalui Bluetooth, menawarkan opsi kontrol terbaik untuk game khusus Xbox. Saat ini, Xbox Game Pass dapat digunakan dengan tablet, beberapa ponsel, PC, konsol, dan beberapa perangkat lainnya.

Dilansir Gamerant, Kamis (13/10/2022), memiliki perpustakaan Game Pass pada layar 2D yang besar sangat cocok dilakukan selama perjalanan jauh dan ketika televisi atau layar besar tidak tersedia. Selain judul Microsoft dan yang sudah ada di perpustakaan Xbox Game Pass, pelanggan Xbox Game Pass Ultimate juga mendapatkan akses ke game EA. Banyak gamer menganggap Xbox Game Pass sebagai layanan streaming game utama, menyaingi Sony PS Plus karena Xbox menawarkan akses hari pertama ke judul-judul baru dan kompatibilitas dengan sejumlah platform.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement