Jumat 23 Sep 2022 00:12 WIB

USG 4D Perlihatkan Janin Tersenyum Saat Ibu Makan Wortel, Manyun Saat Terpapar Kale

Janin ternyata dapat merespons rasa sayuran yang dimakan ibunya.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Pemindaian USG 4D memperlihatkan janin tampak tersenyum ketika ibunya makan wortel.
Foto:

Studi ini disebut jadi yang pertama dalam pemeriksaan reaksi sebelum kelahiran. Peneliti berpikir bahwa paparan berulang terhadap rasa sebelum lahir dapat membantu menetapkan preferensi makanan setelah melahirkan. Hal itu mungkin penting terkait makan sehat dan potensi untuk menghindari 'rewel makanan' saat pemberian makanan pendamping Air Susu Ibu (ASI).

"Sungguh menakjubkan melihat reaksi bayi yang belum lahir dan berbagi momen itu dengan orang tua mereka," kata peneliti, dikutip dari Express.co.uk, Kamis (22/9/2022).

Reaksi wajah bayi yang terlihat pada kedua kelompok rasa menunjukkan paparan sedikit rasa wortel atau kale merangsang respons. Rekan penulis penelitian Profesor Jackie Blissett dari Aston University, Birmingham, mengatakan langkah selanjutnya adalah memeriksa apakah janin menunjukkan respons "negatif" yang lebih sedikit terhadap rasa ini dari waktu ke waktu.

Mereka juga penasaran dengan kemungkinan bayi menghasilkan penerimaan yang lebih besar ketika pertama kali mencicipinya di luar rahim. Studi ini dipublikasikan di jurnal Psychological Science.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement