Kamis 15 Sep 2022 21:30 WIB

Astronom Temukan Cara Prediksi Kematian Bintang

Bintang akan melewati beberapa fase keras saat mendekati akhir hidupnya.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Nora Azizah
Bintang akan melewati beberapa fase keras saat mendekati akhir hidupnya.
Foto: phys
Bintang akan melewati beberapa fase keras saat mendekati akhir hidupnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para astronom baru saja menemukan cara untuk memprediksi kematian bintang. Jika Anda melihat bintang merah raksasa yang dikelilingi oleh lapisan material yang tebal, hati-hati, bintang tersebut kemungkinan akan meledak dalam beberapa tahun.

Dilansir dari Space, Kamis (15/9/2022), ketika sebuah bintang masif mendekati akhir hidupnya, ia melewati beberapa fase keras. Jauh di dalam inti bintang, ia bergeser dari hidrogen yang menyatu menjadi elemen  yang lebih berat, dimulai dengan helium dan naik ke karbon, oksigen, magnesium, dan silikon.

Baca Juga

Di ujung rantai, bintang akhirnya membentuk besi di intinya. Karena besi menyedot energi daripada melepaskannya, ini berarti akhir dari bintang, dan dalam waktu kurang dari selusin menit, ia berubah menjadi ledakan fantastis yang disebut supernova.

Tetapi untuk semua keributan yang terjadi di hati bintang-bintang, dari luar, sulit untuk mengatakan dengan tepat apa yang sedang terjadi. Tentu, menjelang akhir hidup mereka, bintang-bintang raksasa ini membengkak hingga ukuran yang ekstrem.

Mereka juga menjadi sangat terang—hingga puluhan ribu kali lebih terang dari matahari. Tetapi karena permukaan bintang begitu menggembung, suhu luarnya benar-benar turun, membuatnya tampak sebagai raksasa merah.

Contoh paling terkenal dari bintang dekat terminal adalah Betelgeuse. Jika ditempatkan di tata surya kita, bintang ini- yang hanya 11 kali lebih besar dari matahari- akan meregang ke orbit Jupiter.

Ini akan menjadi supernova kapan saja sekarang, tetapi “setiap hari” untuk seorang astronom bisa menjadi satu juta tahun lagi. Meskipun kita tahu bahwa jenis bintang ini pada akhirnya akan meledak dalam supernova, tidak ada cara untuk mendapatkan perkiraan yang lebih tepat dari itu atau setidaknya, dulu begitu.

Sekarang, tim astronom telah mengembangkan cara untuk menemukan supernova yang kemungkinan akan meledak dalam beberapa tahun. Mereka melaporkan hasil mereka dalam sebuah makalah yang diterbitkan ke database pracetak arXiv dan diterima untuk diterbitkan dalam jurnal Monthly Notices of the Royal Astronomical Society.

Mereka secara khusus mempelajari beberapa lusin jenis supernova unik yang dikenal sebagai supernova Tipe II-P. Berbeda dengan supernova lainnya, ledakan ini tetap terang lama setelah ledakan awal.

Dalam beberapa contoh, para astronom telah melihat kembali katalog lama dan menemukan gambar bintang-bintang sebelum meledak, dan semuanya tampak seperti raksasa merah seperti Betelgeuse. Itu indikasi yang jelas bahwa bintang-bintang semacam itu adalah kandidat supernova, yang siap meledak pada saat itu juga.

Bintang-bintang yang menghasilkan jenis supernova ini diperkirakan memiliki selubung bahan padat yang mengelilinginya sebelum meledak. Selubung ini jauh lebih padat daripada yang diukur di sekitar Betelgeuse. Pemanasan material itu dari gelombang kejut awal yang menyebabkan kecerahan bertahan lama; hanya ada lebih banyak barang tergeletak di sekitar untuk tetap bersinar dengan baik setelah tanda pertama ledakan.

Selubung padat itu juga menyebabkan supernova jenis ini menjadi terlihat lebih cepat daripada sepupunya yang lebih terbuka. Ketika ledakan pertama kali terjadi, gelombang kejut mengenai materi di sekitar bintang, yang menyebabkan gelombang kejut kehilangan uap saat melewatinya. Meskipun awalnya energi dari supernova cukup untuk melepaskan radiasi energi tinggi, seperti sinar-X dan sinar gamma, setelah pencampuran gelombang kejut dan material di sekitarnya, radiasi yang dilepaskan berada dalam panjang gelombang optik.

Jadi tampaknya selubung material padat di sekitar bintang-bintang ini juga merupakan pertanda bahwa supernova akan segera terjadi.

Kepompong Super

Tapi berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membentuk selubung itu?Para peneliti mempelajari dua model. Dalam satu model, bintang itu meniupkan angin berkecepatan tinggi dari permukaannya, yang perlahan-lahan memisahkan bagian-bagiannya dan menyebarkannya ke sekeliling untuk membuat selubung selama beberapa dekade.

Pada model kedua, bintang tersebut mengalami ledakan pra-supernova yang dahsyat yang mengirim gas seberat sepersepuluh massa matahari ke orbit dalam waktu kurang dari setahun.

Para peneliti kemudian memodelkan bagaimana semua materi itu akan memengaruhi gambar bintang kita. Dalam kedua kasus tersebut, begitu bintang membangun selubungnya, itu akan sangat dikaburkan dengan cara yang dapat dideteksi oleh teknologi pencitraan kita saat ini.

Karena Space memiliki gambar langsung dari beberapa bintang pra-supernova yang diambil kurang dari 10 tahun sebelum mereka meledak, para astronom menyimpulkan bahwa model lambat dan stabil tidak akan berfungsi. Kalau tidak, bintang itu akan dikaburkan.

Semua ini berarti bahwa, begitu sebuah bintang super raksasa membangun selubung material yang tebal di sekelilingnya, kemungkinan besar ia akan menjadi supernova dalam beberapa tahun. Jadi, jika Anda kebetulan bepergian melalui kosmos dan Anda menemukan skenario yang tepat ini, pertimbangkan diri Anda untuk diperingatkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement