Rabu 14 Sep 2022 08:41 WIB

Sosok Hajjah Rangkayo Rasuna Said Hiasi Google Doodle Hari Ini

Hari ini bertepatan dengan peringatan 112 tahun Hajjah Rangkayo Rasuna Said.

Google Doodle menampilkan sosok Rasuna Said bertepatan dengan peringatan ulang tahun ke-112 pahlawan nasional dari Sumatra Barat tersebut.
Foto: Tangkapan Layar/Google
Google Doodle menampilkan sosok Rasuna Said bertepatan dengan peringatan ulang tahun ke-112 pahlawan nasional dari Sumatra Barat tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Google Doodle pada Rabu (14/9/2022) merayakan ulang tahun ke-112 Hajjah Rangkayo Rasuna Said. Pahlawan nasional tersebut dikenang sebagai "Singa Betina Pergerakan Kemerdekaan Indonesia".

Google melalui keterangan resminya menilai Rasuna Said memiliki suara yang berpengaruh pada isu-isu sosial, terutama hak-hak perempuan. Ia juga merupakan seorang guru dan seorang jurnalis.

Baca Juga

Rasuna Said pun diakui sebagai pahlawan nasional Indonesia, menjadikannya wanita kesembilan yang menerima kehormatan tersebut. Menengok ke belakang, Rasuna lahir di dekat Danau Maninjau di Sumatra Barat pada 14 September 1910.

Lahir dan tumbuh dengan pikiran yang kritis serta keuletan dan kecerdasannya sebagai siswa, Rasuna dengan cepat membuka jalannya untuk menjadi asisten guru. Kiprahnya memotivasi gadis-gadis muda untuk bermimpi besar.

Pada tahun 1926, Rasuna diundang untuk bergabung dengan Sarikat Rakyat, atau Gerakan Rakyat. Ia lalu bergabung dengan Gerakan Islam pada tahun 1930 yang membawanya untuk menyelenggarakan Persatuan Muslim Indonesia (PERMI) yang kritis terhadap kolonialisme Belanda dan perlakuan tidak adil terhadap perempuan.

Pada tahun 1931, Rasuna pindah ke Padang untuk meluncurkan divisi perempuan di PERMI. Fokusnya adalah membuka sekolah sastra untuk perempuan di seluruh Sumatra Barat.

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement