Rabu 07 Sep 2022 18:11 WIB

Ilmuwan Kembangkan Kecoak Cyborg untuk Misi Penyelamatan

Kesoak cyborg membantu manusia memantau area berbahaya di lingkungan.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Friska Yolandha
Kecoak (ilustrasi). Seekor kecoak cyborg dengan baterai ultratipis bertenaga surya dapat membantu manusia memeriksa dan memantau area berbahaya di lingkungan.
Foto: freepik
Kecoak (ilustrasi). Seekor kecoak cyborg dengan baterai ultratipis bertenaga surya dapat membantu manusia memeriksa dan memantau area berbahaya di lingkungan.

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Seekor kecoak cyborg dengan baterai ultratipis bertenaga surya dapat membantu manusia memeriksa dan memantau area berbahaya di lingkungan. Para ilmuwan di Jepang mengatakan serangga asli ini berada di bawah kendali modul nirkabel bertenaga surya dengan baterai yang dapat diisi ulang dan mereka dapat bergerak bebas karena elektronik ultratipis dan bahan fleksibel ransel.

Peneliti dari RIKEN Cluster for Pioneering Research (CPR) mencatat pekerjaan mereka dibangun di atas pengembangan serangga cyborg dengan melewatkan kebutuhan untuk mengisi daya mereka menggunakan stasiun dok, yang akan menghabiskan waktu yang berharga. Mereka menambahkan bahwa untuk membuat penggunaan serangga cyborg bermanfaat, mereka harus mampu mengendalikan cyborg untuk jangka waktu yang lama dan sel surya berarti baterai akan terus terisi daya.

Baca Juga

Menerbitkan karya mereka di jurnal npj Flexible Electronics, tim bereksperimen dengan menempelkan ransel khusus dengan modul sel surya organik setebal 0,004 milimeter ke punggung kecoa Madagaskar sepanjang enam sentimeter.

“Modul sel surya organik ultra tipis yang dipasang di tubuh mencapai output daya 17,2 mW, yang lebih dari 50 kali lebih besar daripada output daya perangkat pemanen energi canggih saat ini pada serangga hidup,” kata Dr Kenjiro Fukuda dari REKIN CPR, dalam rilis media, dilansir dari Study Finds, Rabu (7/9/2022).

Ransel cetak 3D juga berisi modul kontrol kaki nirkabel dan baterai polimer lithium yang sangat pas di sepanjang permukaan melengkung kecoa, memungkinkannya untuk duduk dengan stabil di dada selama lebih dari sebulan.

Para peneliti mengatakan sel surya organik ultra tipis dan fleksibel, dan bagaimana mereka menempelkannya, terbukti diperlukan untuk memastikan kebebasan bergerak serangga. Mereka menyadari bahwa perut berubah bentuk dan bagian dari kerangka luar saling tumpang tindih. Untuk mengakomodasi ini, mereka menyisipkan bagian perekat dan non-perekat ke film yang berarti mereka bisa menekuk sambil tetap terpasang.

Ketika tim menguji film sel surya yang lebih tebal atau ketika mereka menempelkan sel secara seragam, kecoa membutuhkan waktu dua kali lebih lama untuk berlari dengan jarak yang sama dan berjuang untuk memperbaiki diri ketika mereka membalikkan punggung mereka.

Pengujian mengungkapkan bahwa begitu para peneliti memasang ransel dan sel-selnya diisi daya selama 30 menit menggunakan sinar matahari semu, mereka mampu membuat hewan-hewan itu bergerak ke kiri dan ke kanan menggunakan remote control nirkabel.

“Mempertimbangkan deformasi dada dan perut selama penggerak dasar, sistem elektronik hibrida dari elemen kaku dan fleksibel di dada dan perangkat ultrasoft di perut tampaknya menjadi desain yang efektif untuk kecoak cyborg,” Fukuda menyimpulkan.

“Selain itu, karena deformasi perut tidak hanya terjadi pada kecoa, strategi kami dapat disesuaikan dengan serangga lain seperti kumbang, atau mungkin bahkan serangga terbang seperti jangkrik di masa depan.”

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement