Senin 22 Aug 2022 21:24 WIB

Bentuk Nyata Perubahan Iklim: Kebakaran Hutan dan Banjir Terjadi dalam Waktu Berdekatan

Banjir besar di musim kemarau juga bentuk perubahan iklim yang nyata.

Sisa bara api akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kecamatan Darul Makmur, Nagan Raya, Aceh, Selasa (7/6/2022). Kebakaran hutan dan banjir terjadi dalam satu garis lintang wilayah yang sama sepanjang 15-24 Agustus 2022 di Provinsi Aceh. Fenomena itu merupakan bentuk nyata perubahan iklim.
Foto:

Abdul mengatakan dalam sepekan ini, bencana hidrometeorologi kering ,yakni kebakaran hutan dan lahan (karhutla) mendominasi di wilayah Indonesia. Di samping itu, ada kejadian banjir, cuaca ekstrem, hingga tanah longsor.

Abdul mengatakan titik-titik panas sudah berkembang cukup banyak, tetapi sejauh ini masih cukup terkendali. Meskipun sekarang Indonesia tengah dalam musim kemarau, ada pengaruh-pengaruh regional berdampak pada lokal yang tetap membawa intensitas hujan tinggi di beberapa tempat, sehingga intensitas banjir cukup dominan.

Akibat bencana tersebut, penduduk terdampak sampai 37 ribu orang lebih. Artinya, warga yang harus mengungsi cukup banyak dalam satu pekan.

"Artinya, ini benar-benar mungkin banjir besar pada musim kemarau. Nah, ini yang harus kita waspadai di beberapa tempat," ujar dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement