Senin 25 Jul 2022 13:59 WIB

Zoom Hadirkan Enkripsi Ujung-ke-Ujung Layanan Zoom Phone

Pemutakhiran enkripsi membutuhkan waktu beberapa detik.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Aplikasi video confrence Zoom. Ilustrasi
Foto: The Star Online
Aplikasi video confrence Zoom. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Aplikasi obrolan video Zoom mengumumkan akan membawa fitur enkripsi ujung-ke-ujung (end-to-end) ke layanan telepon cloud Zoom Phone. Fitur tersebut akan tersedia di Breakout Rooms.

Pihak Zoom mengatakan pengguna akan memiliki opsi baru untuk meningkatkan ke enkripsi ujung-ke-ujung selama panggilan Telepon Zoom antar pengguna di akun Zoom yang sama. “Kami sangat senang untuk memperluas fitur enkripsi ujung-ke-ujung ini ke Zoom Phone dan akan segera hadir Breakout Rooms. Dua cara lagi Anda dapat menggunakan Zoom untuk mencapai komunikasi yang mulus dan aman,” kata perusahaan dalam sebuah postingan blog, dikutip Business Standard, Senin (25/7/2022).

Baca Juga

Selama panggilan, pengguna dapat memilih opsi “More” dan melihatnya untuk meningkatkan sesi menjadi panggilan telepon terenkripsi ujung-ke-ujung. Pemutakhiran membutuhkan waktu beberapa detik dan membantu menambahkan lapisan privasi ekstra ke panggilan telepon yang terjadi melalui Zoom.

Saat diaktifkan, enkripsi ujung-ke-ujung akan memastikan bahwa panggilan dienkripsi menggunakan kunci kriptografik yang hanya diketahui oleh perangkat penelepon dan penerima. Selain itu, pengguna dapat memverifikasi status E2EE dengan memberikan kode keamanan unik satu sama lain.

Untuk meningkatkan panggilan Zoom Phone menjadi terenkripsi ujung-ke-ujung, pengguna harus memiliki beberapa hal terlebih dahulu, seperti admin akun harus mengaktifkan E2EE melalui portal web, penelepon harus sama akun Zoomnya.

Mereka hanya dapat melakukan panggilan telepon satu-ke-satu. Selain itu, kedua penelepon harus menggunakan desktop Zoom Phone atau klien seluler dan kedua penelepon harus menonaktifkan perekaman panggilan otomatis.

Untuk Ruang Kerja Kelompok, ini akan menjadi pengalaman yang sama seperti rapat terenkripsi ujung-ke-ujung standar, kecuali setiap ruang kerja kelompok mendapatkan kunci enkripsi rapat uniknya sendiri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement