Senin 25 Jul 2022 14:33 WIB

Mengenal Mira, Bintang Unik yang Begitu Cepat Bersinar, Samar Lalu Hilang

Mira mengalami pergeseran kecerahan sekitar 159 kali selama sikus 332 hari.

Rep: mgrol136/ Red: Dwi Murdaningsih
Langit malam berbintang/ilustrasi
Foto: Pixabay
Langit malam berbintang/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bintang-bintang di langit tampak berubah-ubah. Faktanya bintang-bintang itu tampak bersinar dengan kecerahan konstan. 

Selama berbagai rentang waktu, bintang redup dan menjadi lebih cerah. Variasi kecerahannya seringkali terlalu kecil untuk diperhatikan oleh mata telanjang. 

Baca Juga

Di langit, ada sebuah bintang bernama Mira, juga dikenal sebagai Omicron Ceti. Mira, bintang kemerahan di konstelasi Cetus the Whale, mungkin terlihat atau tidak, tergantung pada waktu mencarinya.

Dilansir dari earth Sky, setiap 332 hari atau lebih, Mira menyelesaikan siklus terang-ke-samar-ke-terang. Perubahan kecerahannya dapat dengan jelas terlihat oleh mata.

Karena jaraknya yang dekat dengan Matahari, Mira tidak terlihat di garis lintang tengah utara dari akhir Maret hingga Juni. Dibutuhkan kira-kira enam minggu untuk mencapai titik paling terang dan lebih dari dua bulan untuk meredup. 

Puncak kecerahan yang diantisipasi mendekati Mira, dimana waktu paling terang seharusnya pada atau sekitar 16 Juli 2022. Variasi kecerahan bintang yang spektakuler dan teratur ini menarik perhatian para astronom awal. 

Mira berkelap-kelip di langit, berangsur-angsur menjadi kurang terang, dan kemudian, beberapa bulan kemudian, menghilang. Beberapa bulan kemudian, bintang itu kembali. 

Karena variasi perubahan kecerahannya, astronom abad ke-17 Johannes Hevelius memberi nama bintang Mira, yang berarti indah atau menakjubkan. Puncak kecerahan berikutnya untuk Mira diperkirakan terjadi sekitar 16 Juli 2022. 

Kecerahan puncak khas Mira adalah magnitudo 3,5. Bahkan dalam keadaan paling terang sekalipun, bukan salah satu bintang di langit yang paling terang. 

Secara bertahap, kecerahannya berkurang menjadi sekitar magnitudo 9. Kecerahan ini terlalu redup untuk dilihat dengan mata. Di langit yang gelap, mata telanjang hampir tidak dapat mendeteksi bintang bermagnitudo 6. Kemudian memantul kembali ke titik paling terang. 

Akibatnya, Mira mengalami pergeseran kecerahan sekitar 159 kali selama siklus kecerahan 332 hari. Tidak ada cara untuk mengetahui sebelumnya seberapa terang atau redupnya Mira pada setiap maksimum. 

Asosiasi Pengamat Bintang Variabel Amerika mendapat manfaat dari pengamatan yang dilakukan oleh pengamat Mira (AAVSO). Menggunakan alat Light Curve Generator, AAVSO terus menghasilkan kurva cahaya untuk Mira. 

Mira seterang magnitudo 2 pada tahun 2019 dan 2022. Itu hampir seterang Polaris, Bintang Utara, bintang yang cukup terang meskipun bukan bintang paling terang di langit.

Mengapa kecerahan Mira berubah?

Mira adalah bintang deret utama yang mengubah hidrogen menjadi helium di intinya untuk sebagian besar umurnya. Intinya menyusut ketika bahan bakar itu habis, yang membuatnya memanas. 

Sebagai hasil dari pemanasan seperti itu, cangkang yang mengelilingi inti Mira mengalami putaran fusi nuklir lagi dari hidrogen menjadi helium, berkembang menjadi bintang raksasa merah. 

Inti yang runtuh terus menjadi lebih panas sampai mencapai suhu di mana helium bisa menyatu dengan beberapa oksigen dan karbon. 

Karbon dan oksigen membentuk inti inertnya. Lapisan helium yang mengelilingi inti masih aktif "dibakar" oleh bintang dan berubah menjadi karbon. Selain itu, cangkang hidrogen yang ada di dekatnya sedang diubah menjadi helium.

Gravitasi hanya dengan lemah menahan lapisan luar Mira, yang mulai hanyut. Mira secara bertahap kehilangan lapisan luarnya menjadi nebula planet, meninggalkan inti panasnya yang terbuka, sebuah bintang katai putih.

Ekor Mira sepanjang 13 tahun cahaya

Para ilmuwan terkejut pada tahun 2006 oleh foto ultraviolet Mira yang ditangkap oleh teleskop Galaxy Evolution Explorer. Mereka menunjukkan bahwa bintang itu melaju melalui gas galaksi di sekitarnya dengan bahan ekor panjang yang menyerupai komet. 

Mira melakukan perjalanan melalui area ini dengan kecepatan sekitar 130 km/s (290.000 mph). Ekornya, yang panjangnya 13 tahun cahaya, terdiri dari gas dan debu yang dikeluarkan Mira selama 30.000 tahun sebelumnya. Sekitar 3.000 kali massa Bumi terkandung dalam gas dan debu di ekor Mira.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement