Selasa 19 Jul 2022 14:43 WIB

Mengenal Eltanin dan Rastaban, Pasangan Bintang Paling Terang di Rasi Bintang Mata Naga

Eltanin dan Rastaban adalah bintang yang menonjol di langit malam.

Rep: mgrol136/ Red: Dwi Murdaningsih
Bintang Eltamin dan Rastaban.
Foto: earth sky
Bintang Eltamin dan Rastaban.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pasangan bintang dapat dengan mudah dibedakan oleh mata dan otak manusia pada kubah malam. Terutama jika kedua bintang tersebut agak cemerlang. Pasangan bintang yang cukup terkenal adalah Eltanin dan Rastaban yang terletak di mata Draco the Dragon.

Dilansir dari Earth Sky, Eltanin dan Rastaban adalah bintang yang menonjol di langit malam. Keduanya menyerupai Castor dan Pollux, bintang kembar dari konstelasi Gemini. Mereka menyerupai Kochab dan Pherkad, bintang-bintang dari mangkuk Little Dipper.

Baca Juga

Pasangan berbintang ini semuanya mudah dikenali. Namun, tidak satupun dari pasangan bintang yang disebutkan di sini adalah pasangan kosmik yang sebenarnya. Hanya di sepanjang garis pandang kita, bintang-bintang tampak dekat satu sama lain. Padahal, sebenarnya bintang-bintang ini dipisahkan oleh jarak yang sangat jauh di ruang angkasa.

Bagaimana mengenali Eltanin dan Rastaban?

Menurut perhitungan terbaik, Eltanin berjarak 154 tahun cahaya sementara Rastaban berjarak 362 tahun cahaya. Eltanin tampak lebih terang jika dilihat dari Bumi. Namun, itu hanya karena lebih dekat dengan Bumi daripada Rastaban. 

Rastaban akan bersinar sekitar enam kali lebih terang dari Eltanin jika bintang-bintang ini berjarak sama, dan mungkin tidak akan menganggapnya sebagai Mata Naga lagi. Eltanin berkekuatan 2,23 dan Rastaban berkekuatan 2,79 di mana mereka berada sekarang.

Fakta tentang Eltanin

Eltanin disebut sebagai "Ratu Kutub" oleh ahli matematika Jean Meeus. Bintang ini akan menjadi bintang kutub utara pada tahun 92.020 dan bintang kutub selatan pada tahun 2.083.470.

Eltanin bergerak ke arah kita dari jarak 154 tahun cahaya. Namun, dalam 1.333.000 tahun ia akan menyalip matahari kita sebagai bintang paling terang di langit, dan dalam 220.000 tahun lagi ia akan bersinar paling terang, yaitu besarnya -1,39. 

Selama 700.000 tahun yang mengejutkan, ia akan tetap menjadi bintang paling terang di langit malam kita. 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement