Sabtu 23 Jul 2022 05:55 WIB

Mengapa Gelombang Panas Menyebabkan Kematian Begitu Cepat?

Panas yang berlebihan memicu reaksi tubuh yang beragam bahkan bisa merusak otak.

Rep: mgrol136/ Red: Dwi Murdaningsih
Seorang petugas pemadam kebakaran mencoba memadamkan api saat api meluas selama kebakaran hutan di Ferreras de Abajo di barat laut Spanyol, Senin, 18 Juli 2022. Petugas pemadam kebakaran berjuang melawan kebakaran hutan yang berkobar di luar kendali di Spanyol dan Prancis ketika Eropa layu di bawah gelombang panas yang luar biasa ekstrem yang pihak berwenang di Madrid disalahkan atas ratusan kematian.
Foto:

Kematian mendadak

Keller menjelaskan bahwa malapetaka ini bukanlah kematian normal terkait panas. Hipertermia adalah kata medis untuk panas tubuh yang berlebihan. Kelelahan panas merupakan tahap pertama yang ditandai dengan banyak berkeringat, mual, muntah, dan terkadang pusing. 

Kulit menjadi lembab, dan jantung berdegup kencang. Menurt Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), kram pada otot mungkin merupakan indikasi peringatan kelelahan akibat panas.

Dengan pindah ke tempat yang sejuk, melepas pakaian, dan menutupi tubuh dengan waslap yang dingin dan lembab, kelelahan akibat panas dapat disembuhkan. Namun, kelelahan akibat panas dapat dengan cepat berubah menjadi serangan panas jika tidak dapat menemukan kelegaan. 

Penyakit ini berkembang ketika suhu tubuh internal seseorang melebihi 40˚C. Jumlah panas internal yang dapat ditahan oleh orang yang berbeda bervariasi beberapa derajat, sehingga jumlah ini adalah perkiraan.

Saat serangan panas, keringat berhenti, kulit menjadi kering dan memerah, detak jantungnya cepat, dan Individu menjadi mengigau hingga bisa pingsan. Tubuh melebarkan pembuluh darah di kulit dalam upaya mendinginkan darah sebagai respons terhadap panas yang hebat. Tubuh harus mempersempit arteri darah di usus untuk melakukan ini. 

Dalam buku teks Wilderness Medicine, dijelaskan bahwa, aliran darah yang lebih rendah ke usus meningkatkan permeabilitas antara sel-sel yang biasanya menahan isi usus, dan racun dapat keluar ke dalam darah.

Respon tubuh terhadap racun yang bocor ini sangat meradang, sampai pada titik di mana jaringan dan organ tubuh sendiri rusak dalam proses mencoba untuk melawan racun. Dilansir dari Wilderness Medicine, mungkin sulit untuk membedakan antara kerusakan yang disebabkan langsung oleh panas dan kerusakan yang disebabkan oleh efek hilir racun. 

Rhabdomyolysis adalah gangguan ketika sel-sel otot hancur, melepaskan isinya ke dalam aliran darah dan membebani ginjal, yang kemudian mulai gagal. Panas menyebabkan protein di limpa menggumpal. Ketika ini terjadi, penghalang darah-otak yang sering mencegah patogen memasuki otak menjadi lebih permeabel, memungkinkan zat berbahaya masuk.

 

Microhemorrhages (stroke ringan) dan edema sering ditemukan dalam otopsi korban heat stroke, dan 30 persen dari korban heat stroke mengalami kehilangan fungsi otak seumur hidup.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement