Kamis 21 Jul 2022 16:09 WIB

Ini Alasan Kenapa Menguap Bisa Menular, Bahkan Lewat Telepon

Orang bisa menguap hanya karena melihat-mendengar orang lain melakukannya.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Menguap (ilustrasi). Secara ilmiah, menguap dilakukan untuk menyegarkan dan mendinginkan otak. Menguap juga bisa menular.
Foto:

Tidak hanya itu, jika anjing atau kucing berada di rumah yang sama dengan Anda, penularan menguap lintas spesies juga bisa terjadi. Faktanya, banyak hewan lain yang menguap karena ketularan. Penelitian menunjukkan bahwa spesies yang bisa bersosialisasilah yang mengalami hal itu.

Beberapa orang lebih sensitif terhadap refleks ini daripada yang lain. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa variabilitas bisa menandakan tingkat empati atau kemampuan untuk memproses empati.

Penelitian ini didukung oleh fakta bahwa kita lebih cenderung ketularan menguap dari teman dibandingkan orang asing. Menguap baru menjadi menular pada usia empat atau lima tahun, ketika kita mulai memahami emosi orang lain.

Namun demikian, sejauh ini belum ada penelitian yang cukup untuk membuktikan secara definitif hubungan antara menguap simpatik dan empati. Beberapa ahli percaya bahwa ada alasan lain yang memicu keterkaitan tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement