Selasa 19 Jul 2022 12:33 WIB

Bluetooth Android Harus Dimatikan Saat tak Digunakan, Ini Alasannya

Pastikan Bluetooth hanya terhubung dengan perangkat yang bisa dipercaya.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Bluetooth.
Foto:

Jadi ada apa dengan Bluetooth yang membuatnya sangat rentan?

Faktor utama terletak pada sifatnya. Teknologi Bluetooth beroperasi dengan membuat perangkat saling menemukan saat berada dalam jarak dekat satu sama lain. Perangkat berkemampuan Bluetooth mengirimkan sinyal yang dapat dideteksi oleh perangkat lain yang berada dalam jangkauannya.

Kemampuan untuk dapat ditemukan ini membuat mereka rentang terhadap serangan berbahaya jika peretas berada di area tersebut, baik dengan mengelola untuk terhubung ke perangkat tanpa izin pengguna atau dengan mengirimkan rentetan permintaan koneksi yang membuat ponsel tidak dapat digunakan untuk sementara.

Privasi adalah masalah lain yang harus dipikirkan pengguna saat menggunakan Bluetooth. Menurut The New York Times, pengecer besar seperti Walmart dan Target dapat menggunakan teknologi Bluetooth untuk melacak pembeli saat mereka berada di toko untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. Data ini dapat dijual ke perusahaan pemasaran pihak ketiga yang mungkin menggunakan informasi Anda tanpa sepengetahuan Anda.

Bagaimana Pengguna Bisa Melindungi Diri Sendiri?

Komisi Komunikasi Federal (FCC) Amerika Serikat (AS) menyarankan pengguna untuk menonaktifkan Bluetooth saat tidak diperlukan. Ketika sedang berada di area publik seperti bandara, pusat perbelanjaan, restoran, atau di transportasi umum, Anda dapat membuat koneksi Bluetooth perangkat Anda tidak dapat ditemukan secara default dan hanya mengaktifkannya saat Anda siap memasangkannya dengan perangkat lain.

Saat dalam mode ini, hanya perangkat terpercaya yang sebelumnya dipasangkan yang dapat terhubung.

 

Anda harus mengabaikan permintaan koneksi Bluetooth apa pun yang muncul secara tidak terduga di perangkat Anda. Demikian juga, Anda tidak boleh menerima file dari perangkat yang tidak dikenal atau mencurigakan karena Anda tidak pernah tahu apa yang mungkin Anda dapatkan. Selain itu, Anda harus memastikan bahwa perangkat Android Anda memiliki perangkat lunak terbaru yang diinstal sehingga Anda mendapatkan semua tambalan keamanan terbaru.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement