Senin 18 Jul 2022 06:55 WIB

Penyakit Ini Sering Diabaikan, Padahal Mengancam 1,7 Miliar Orang

Sekitar 20 jenis penyakit tropis termasuk kategori penyakit yang diabaikan.

Nyamuk. Nyamuk membantu parasit memasuki tubuh manusia, di mana parasit bisa menyebabkan penyakit yang berbahaya.
Foto:

Nematoda juga bisa menyerang bagian lain tubuh misalnya lengan, dada dan alat kelamin. Nematoda sangat berbahaya jika menjangkau mata.

Di dalam mata, nematoda bisa menyulut infeksi yang menyebabkan kebutaan. "Onchocerciasis," yang juga dikenal dengan sebutan "kebutaan sungai" atau Penyakit Robles disebabkan cacing parasit. Yang jadi inang parasitnya adalah lalat hitam yang hidup di sepanjang tepian sungai atau kali.

Bahaya lain bisa ditemukan di air hangat yang tergenang, yaitu "cercariae." Larva cacing itu mengambang dan mencari inang baru setelah keluar dari tubuh siput dalam kotoran.

Cercariae bisa memasuki kulit manusia dan memasuki pembuluh darah di dalam usus atau kandung kemih. Di sana mereka berkembang menjadi cacing darah atau “schistosoma." Satu cacing ini bisa menghasilkan ratusan telur.

Schistosoma bisa menyulut peradangan, sakit perut, diare dan darah di dalam kotoran atau urin. Pada perempuan, Schistosoma bisa menyebabkan kebuntuan pada tuba fallopi dan menyebabkan kemandulan.

Penyakit sudah eksis ribuan tahun

Naskah bersejarah dari zaman mesir kuno dan kawasan yang sekarang dikenal sebagai Sudan menunjukkan referensi adanya penyakit mata yang dikenal dengan sebutan trakoma.

Peradangan yang diakibatkan bakteri ini menyerang jutaan orang, dan menjadi salah satu penyebab kebutaan. Satu dari lima orang pernah terserang salah satu penyakit tropis ini selama hidup mereka. Untungnya, sejumlah obat yang bisa menyembuhkan secara efektif, sekarang sudah ada di pasaran.

Misalnya, Ivermectin, yang sejatinya obat anti cacingan tapi kadang disebut sebagai obat bagi Covid-19, sangat efektif untuk memerangi penyakit "kebutaan sungai", dan penyakit lain yang disebabkan parasit.

Obat ini sudah sangat membantu di sejumlah negara Amerika Latin dan Afrika untuk dengan sukses memerangi penyakit mata tersebut dalam beberapa tahun belakangan ini.

Obat preventif juga membantu mencegah infeksi yang dipicu cacing. Selain itu, tersedianya air minum bersih juga mencegah infeksi. Tapi masih banyak langkah yang harus diambil, untuk mengeliminasi banyak penyakit tropis yang selama ini diabaikan penanggulangannya!

 

sumber: https://www.dw.com/id/masih-banyak-penyakit-tropis-yang-diabaikan/a-62412843

 

 

sumber : DW
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement