Kamis 14 Jul 2022 13:11 WIB

Wow, China Klaim Berhasil Mencitrakan Seluruh Permukaan Mars

Probe Tianwen 1 China diklaim telah berhasil mencitrakan seluruh permukaan Mars.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Citra kawah di Mars yang difoto oleh Tianwen 1.
Foto: cnsa
Citra kawah di Mars yang difoto oleh Tianwen 1.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Setelah menjelajahi planet Mars selama lebih dari setahun, probe antariksa Tianwen-1 China telah berhasil mengambil gambar yang mencakup seluruh Planet. Hal ini diumumkan Badan Antariksa Nasional China (CNSA) pada 29 Juni.

Tianwen-1, yang diterjemahkan menjadi “pencarian kebenaran surgawi”, terdiri dari enam pesawat ruang angkasa terpisah: pengorbit, dua kamera yang dapat digunakan, pendarat, kamera jarak jauh, dan penjelajah Zhurong.

Gambar permukaan Mars diambil oleh pengorbit saat mengelilingi Mars 1.344 kali, menangkap gambar Planet Merah dari setiap sudut saat Zhurong menjelajahi permukaan. Dalam pernyataan itu, CNSA mengatakan penyelidikan itu sekarang telah menyelesaikan semua tugasnya, termasuk mengambil gambar resolusi menengah yang mencakup seluruh planet.

photo
Kutub utara Planet Mars. - (cnsa)

Dilansir dari Sciencealert, Rabu (13/7/2022), Tianwen-1 diluncurkan pada 23 Juli 2020, di tengah gejolak pandemi global Covid-19. Yang unik dari misi ini adalah China berusaha menjadi negara pertama yang berhasil mengirim pengorbit dan penjelajah ke Mars pada percobaan pertama.

Selama menjelajahi Planet Merah, Tianwen-1 menunjukkan Mars, yakni bukit pasir berdebu, gunung berapi perisai, kawah benturan, dan bahkan kutub utara. Saat pengorbit mengambil gambar menakjubkan ini, Zhurong mengumpulkan data dan informasi tentang struktur geologi, atmosfer, lingkungan, dan tanah Mars.

Secara keseluruhan, penyelidikan telah mengumpulkan 1.040 gigabyte data ilmiah mentah, yang menurut CNSA telah diproses oleh para ilmuwan di Bumi dan diserahkan kepada para peneliti untuk studi lebih lanjut. Sementara probe memasuki orbit Mars pada 10 Februari 2021, rover Zhurong tidak mendarat di Mars hingga 14 Mei di tahun yang sama. Zhurong mendarat di Utopia Planitia, rumah saat ini pesawat ruang angkasa Viking 2 NASA yang mendarat di dataran Mars yang luas pada tahun 1975.

Pada Juni 2022, Zhurong berhasil menemukan mineral terhidrasi dalam sedimen yang berasal dari periode geologis terbaru Mars yang kemungkinan terkait dengan air tanah. Mineral terhidrasi termasuk zat seperti olivin, piroksen, dan feldspar yang kemungkinan diubah saat mereka mengintegrasikan air ke dalam struktur kimianya.

Sayangnya, Zhurong harus memasuki mode tidak aktifnya mulai 18 Mei 2022, karena penurunan suhu selama musim dingin Mars, bersama dengan kondisi pasir dan debu yang buruk. Mode yang tidak aktif ini memastikan kemampuan bertahan jangka panjang dari rover, yang akan bangkit kembali sekitar bulan Desember.