Rabu 13 Jul 2022 11:43 WIB

3 Gambar Menakjubkan dari Pengamatan Teleskop Luar Angkasa James Webb

Teleskop James Webb merilis tiga gambar dan satu spektrum inframerah dekat.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Gambar wilayah luar angkasa yang dikenal sebagai SMACS 0723, sebuah deep field ke alam semesta yang jauh. Ini adalah gambar pertama berisi ribuan galaksi yang dirilis teleskop James Webb pada Selasa (12/7/2022).
Foto:

Nebula Cincin Selatan

photo
Nebula Cincin Selatan yang diambil dengan instrumen NIRCam Webb. Teleskop melihat nebula ini dalam inframerah-dekat. - (NASA, ESA, CSA, dan STScI)

Nebula Cincin Selatan lebih dekat ke Bumi. Jaraknya hanya 2.000 tahun cahaya jauhnya. Ini adalah nebula planet, atau awan gas yang mengembang di sekitar bintang yang sekarat.

Setelah meledakkan semua lapisan luarnya, bintang kerdil putih yang sekarat di jantung nebula itu sangat panas dan melepaskan radiasi ultraviolet yang intens, menyebabkan gas di sekitarnya menyala.

Stephan’s Quintet 

photo
Gabungan dari data inframerah dekat dan tengah yang menunjukkan Stephans Quintet. Ini adalah gambar yang dihasilkan teleskop Webb terbesar hingga saat ini. - (NASA, ESA, CSA, dan STScI)

Stephan’s Quintet adalah sekelompok lima galaksi yang tampak sangat berdekatan, sekitar 290 juta tahun cahaya dari Bumi. Empat dari galaksi terkunci dalam semacam tarian kosmik yang suatu hari akan menghasilkan tabrakan kuartet, dan tiga bentuk spiral memanjang dari interaksi mereka. Bintang-bintang dalam kwintet menjalankan keseluruhan dari yang baru lahir hingga kuno, yang mencakup ratusan juta tahun sejarah kosmik.

"Ini adalah gambar dan area yang sangat penting untuk dipelajari karena benar-benar menunjukkan jenis interaksi yang mendorong evolusi galaksi," kata Giovanna Giardino, astronom di Badan Antariksa Eropa.

Spektrum

Bagian terakhir dari hasil sains publik pertama Webb bukanlah gambar sama sekali, tetapi spektrum, representasi dari jumlah panjang gelombang cahaya yang berbeda yang dipancarkan oleh exoplanet yang dijuluki WASP-96 b. Dunia gas raksasa, sekitar setengah ukuran Jupiter, adalah yang paling dekat dari objek yang baru terungkap, sekitar 1.150 tahun cahaya. Ia mengorbit bintangnya setiap 3,4 hari, dan memiliki atmosfer unik tak berawan yang sebagian besar terbuat dari natrium.

Satu-satunya planet tak berawan yang diketahui, WASP-96 b telah menjadi teka-teki dan target utama untuk studi lebih lanjut sejak penemuannya pada 2013. Dan data baru Webb menawarkan para ilmuwan lebih banyak data daripada sebelumnya tentang atmosfer aneh itu.

 

"Kami telah dapat menggunakan teleskop lain untuk menjelajahi atmosfer exoplanet dalam inframerah, tetapi tidak pada tingkat detail ini," kata Knicole Colón, astrofisikawan di Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard NASA di Maryland. "Ini hanya sepotong data yang Webb berikan kepada kami, menggunakan instrumen NIRISS secara khusus."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement