Senin 11 Jul 2022 12:44 WIB

Deretan Alasan Anda Perlu Matikan Umpan Algoritme Twitter

Algoritme Twitter membuat pengguna melewatkan berita-berita terkini.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Twitter
Foto: Reuters
Twitter

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Algoritme platform media sosial dapat menentukan postingan yang akan Anda lihat. Misal, kecerdasan buatan (AI) Twitter mengambil alih dan mendorong tweet yang dianggap relevan bagi Anda.

Namun, algoritme tidak cocok bagi Anda yang ingin mempunyai kontrol lebih besar atas umpan Anda dan tidak dipaksa melihat konten yang tidak ingin Anda lihat. Mematikan algoritme mungkin menjadi solusi.

Baca Juga

Manfaat menonaktifkan algoritme

Meskipun algoritme Twitter menentukan sebagian besar konten yang Anda lihat di linimasa Anda, tetap saja ada konten yang bisa saja Anda lewatkan dari akun yang Anda ikuti. Sebab, algoritme tidak memunculkan konten di bagian atas beranda Anda.

Kasus tersebut bisa merugikan pengguna bagi yang melewatkan berita terkini. Dalam situasi ini, melihat tweet terbaru tentang berita terkini mungkin lebih penting dibandingkan melihat rekomendasi konten terbaik Twitter.

Menyetel akun Anda ke umpan terbaru secara kronologis memungkinkan Anda mendapatkan informasi terbaru tentang situasi berita terkini saat tersedia. Umpan pengguna Twitter telah mengalami banyak perubahan sejak pengurutan berbasis algoritme diperkenalkan pada tahun 2016. 

Pada bulan Maret 2022, platform meluncurkan fitur yang memungkinkan pengguna di perangkat iOS untuk beralih antara beranda dan umpan terbaru. Namun, penggemar Twitter merasa kesal karena feed default diubah sehingga pengguna melihat pilihan tweet berbasis algoritme terlebih dulu. Reaksi balik dari perubahan tersebut mengakibatkan perusahaan beralih kembali ke feed default sebelumnya dengan janji akan menjelajahi opsi lain.

Cara mematikan umpan algoritmik Twitter

Dilansir Slash Gear, Senin (11/7/2022), meskipun Twitter diisi dengan berbagai algoritme, ada beberapa cara untuk menyesuaikan umpan agar lebih sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda ingin melihat tweet dalam urutan diposting oleh akun yang Anda ikuti daripada konten yang menurut algoritme akan Anda sukai, Anda perlu mengeklik atau mengetuk ikon bintang berkilau di aplikasi atau di situs web desktop.

Kemudian akan muncul menu yang memberi Anda opsi untuk melihat tweet terbaru. Ini sangat berguna untuk mengawasi komentar tentang acara langsung dan melihat pembaruan terbaru tentang berita terkini.

Anda juga dapat mengubah algoritme dengan menggunakan Twitter Lists. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengumpulkan akun yang ingin Anda dengar lebih banyak dan memasukkannya ke dalam daftar yang berbeda. Kemudian Anda dapat mempersempit pengalaman Twitter Anda dan hanya melihat tweet, komentar, suka, dan balasan dari akun yang Anda ikuti di umpan daftar itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement